Benelli Patagonian Eagle Bobber Karya Katros Garage

Kompas.com - 02/05/2019, 10:02 WIB
Benelli Patagonian Eagle yang sudah di-custom bergaya bobber garapan Katros Garage. Kompas.com/DonnyBenelli Patagonian Eagle yang sudah di-custom bergaya bobber garapan Katros Garage.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa merek sepeda motor di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 sengaja memajang versi modifikasi atau custom dari produk andalan untuk mencuri perhatian pengunjung. Seperti yang dilakukan oleh Benelli ketika memajang Patagonian Eagle bergaya bobber ini.

Benelli Patagonian Eagle yang sudah di-custom dengan gaya bobber ini adalah garapan dari Katros Garage. Kebetulan, pemilik motor ini sendiri adalah punggawa Katros Garage, yakni Andi Akbar.

Baca juga: Bebek Sport Benelli Hadir di IIMS 2019

"Gue bangun motor ini bukan untuk kontes atau yang ribet-ribet, tapi gue ingin pakai untuk daily. Minimal, dipakai untuk sunmori (sunday morning ride) masih enak," ujar pria yang akrab disapa Atenx tersebut, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Benelli Patagonian Eagle yang sudah di-custom bergaya bobber garapan Katros Garage.Kompas.com/Donny Benelli Patagonian Eagle yang sudah di-custom bergaya bobber garapan Katros Garage.

Menurut Atenx, Patagonian Eagle memiliki keunikan di bagian ground clearance, karena tinggi tapi jarak antar sumbu roda cukup panjang.

"Agar enak dilihat dan sesuai konsep aliran bobber, dudukan suspensi belakang yang bagian bahwa dibuat lebih mundur sekitar 2 cm. Tujuannya agar suspensi jadi lebih rebah dan motor jadi lebih pendek," terang Atenx.

Baca juga: Benelli Meluncurkan Tiga Produk Baru di Bali

Dalam menggarap motornya sendiri, Atenx mengaku mengalami kesulitan saat membuat bagian tangki bahan bakar. Pasalnya, harus benar-benar proporsional, tidak boleh terlalu besar atau kecil.

Ubahan lainnya ada di bagian sepatbor belakang, ditekuk sedikit bagian ujungnya agar bergaya duck tail.

Benelli Patagonian Eagle yang sudah di-custom bergaya bobber garapan Katros Garage.Kompas.com/Donny Benelli Patagonian Eagle yang sudah di-custom bergaya bobber garapan Katros Garage.

"Enggak banyak yang gue ubah, hanya beberapa bagian saja yang gue bikin sendiri. Sisanya, memanfaatkan bawaan standar yang gue sesuaikan ulang dengan part bikinan gue," kata Atenx.

"Menurut gue, motor ini low budget, high impact. Ubahannya gak terlalu banyak, tapi terlihat banget bedanya," sambungnya.

 

Data spesifikasi Benelli Patagonian Eagle oleh Katros Garage:

Pelek depan TK 2,15-19 : Rp 650.000
Pelek belakang 3.00-16 : Stok gudang (Rp 900.000)
Ban depan Avon 4.00-19 : Rp 2,5 juta
Ban belakang Avon 5.00-16 : Rp 2,5 juta
Karet suspensi depan : Rp 50.000
Teromol Scorpio satu set : Rp 450.000
Cakram Scorpio : Rp 200.000
Selang rem depan : Rp 80.000
Grip gas Emgo : Rp 225.000
Rumah gas Emgo : Rp 275.000
Saklar lampu : Rp 115.000
Setang clip on : Stok Gudang (Rp200.000)
Lampu depan : Rp 500.000
Lampu belakang : Rp 325.000
Lampu sein : Rp 400.000
Spion : Rp 275.000
Footstep : Rp 325.000
Pembuatan Bodi dan Bracket : Rp 6 jutaan
Cat : Rp 3 juta

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X