Kompas.com - 21/03/2019, 15:25 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat aerodinamika di swing arm belakang sepeda motor Ducati di MotoGP atau Desmosedici GP19 menghasilkan downforce. Mantan engineer Ferrari di Formula 1 (F1) Toni Cuquerella, sudah melakukan analisa dan hasilnya seperti itu.

Cuquerella diminta oleh motorsport.com untuk melakukan analisa perangkat tersebut. Dia pun langsung yakin bahwa komponen baru itu menciptakan beban aerodinamika.

"Sudah jelas bahwa winglet Ducati menghasilkan downforce, bahkan dapat membantu mengurangi hambatan motor," kata Cuquerella seperti dikutip laman motorsport.com, Kamis (21/3/2019).

Cuquerella yang kini menjabat sebagai Chief Engineer tim balap Formula E Mahindra Racing itu menginginkan FIM harus melakukan klarifikasi situasi.

Baca juga: Ducati Bingung dengan Protes yang Dilayangkan Rivalnya

"Efek yang diciptakan oleh komponen itu langsung pada bagian belakang, karena melekat pada bagian swing arm," ucap dia.

Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, menjalani latihan bebas di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar, 9 Maret 2019. AFP/KARIM JAAFAR Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, menjalani latihan bebas di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar, 9 Maret 2019.

Sebelumnya, Aprilia, Honda, KTM, dan Suzuki protes kepada Ducati karena pada seri perdana MotoGP 2019 di Qatar, produsen atau tim asal Italia itu menggunakan komponen tersebut pada kedua motornya.

Ducati sempat menolak jika komponen itu menghasilkan downforce, karena secara fungsi utama untuk mendinginkan ban belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.