Cara Merawat Kaca Mobil Agar Tidak Mudah Berjamur

Kompas.com - 13/01/2019, 09:32 WIB
Ilustrasi kaca mobil kusamsoloraya.com Ilustrasi kaca mobil kusam

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalah yang kerap dialami oleh pemilik mobil, yaitu timbul jamur atau bercak pada bagian kaca. Biasanya akan mengganggu kenyamanan berkendara, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, penglihatan sopir menjadi tidak sempurna.

Sebab, jamur pada kaca mobil itu meskipun kondisi hujan kemudian kaca disapu oleh wiper akan tetap ada. Cara menghilangkannya harus menggunakan cairan khusus.

Nah, agar terhindar dari masalah itu sebenarnya Anda masih bisa melakukan pencegahan. Tentunya, dengan cara merawat kaca tersebut dengan benar.

Lantas bagaimana caranya? Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus datang ke salon khusus mobil.

Baca juga: Jangan Sembarangan Pakai Cairan Wiper, Bisa Bikin Kaca Berpelangi

"Paling penting, yaitu harus rajin mencuci kaca dan mengelap sampai benar-benar kering," ujar Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi kaca mobil kotorwww.angieslist.com Ilustrasi kaca mobil kotor

Sapta menjelaskan, pantangan paling utama jangan sering atau terlalu lama membiarkan air yang menempel di kaca kering dengan sendirinya. Efeknya, kaca mobil menjadi cepat berjamur atau timbul bercak.

"Setelah kena hujan, bilas dulu menggunakan air di rumah kemudian bersihkan dan lap sampai benar-benar kering untuk seluruh permukaan kaca," kata Sapta.

Jadi, cukup mudah bukan cara merawat kaca mobil Anda agar tidak mudah terkena jamur. Lantas, bagaimana jika sudah kena jamur, tidak ada jalan selain datang ke bengkel resmi untuk minta dibersihkan atau bisa juga ke salon mobil.



Close Ads X