Terra Raih Nilai Tertinggi dalam Uji Tabrak - Kompas.com

Terra Raih Nilai Tertinggi dalam Uji Tabrak

Kompas.com - 08/12/2018, 07:22 WIB
SUV Nissan Terra mendapat lima bintang dalam uji tabran ASEAN NCAPASEAN NCAP SUV Nissan Terra mendapat lima bintang dalam uji tabran ASEAN NCAP

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Terra mendapatkan rating lima bintang atau tertinggi dari uji tabrak yang diselenggarakan New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries ( ASEAN NCAP). Hasil ini memperlihatkan Terra mendapatkan total 83,17 poin. 

Produk yang diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan tahun ini menunjukkan performa apik dalam perlindungan penumpang dewasa. Terra mendapatkan poin 44,70.

Catatan apik juga diperlihatkan Terra pada perlindungan terhadap penumpang anak kecil yang mendapatkan poin sebesar 20,79. Tes ini dilakukan dengan menabrakkan dari samping dan depan kendaraan.

Lalu dari kategori bantuan teknologi pengamanan, Terra mendapatkan 17,69 poin denngan catatan positif hadirnya fitur Seatbelt Reminder System yang menjadi standar di semua varian. Fitur lainnya adalah kehadiran enam airbag untuk model yang dijual di Thailand, Indonesia, Brunei, dan Filipina.

Electronic Stability Control (ESC) juga menjadi standar fitur keamanan di SUV ini kecuali di pasar Vietnam dan Filipina yang ditawarkan pada varian teratas. Sebagai tambahan, beberapa teknologi keamanan lain membuat Terra mendapat nilai positif adalah Blind Spot Technology, Lane Departure Warning, dan Intelligent Rear View Mirror.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport Tak Gentar Lawan Nissan Terra

“Selamat kepada Nissan yang memproduksi mobil dengan keselamatan dan keamanan tinggi. Ini adalah hasil positif dari inisiasi NCAP untuk terus membuat seluruh produsen mobil di ASEAN menunjukkan keseriusannya memberikan fitur keamanan dan teknologi yang menyelamatkan nyawa manusia,” ucap MIROS Director-General and ASEAN NCAP Chairperson Siti Zaharah Ishak dalam keterangan resmi, Sabtu (8/12/2018).

ASEAN NCAP sendiri sudah melakukan uji tabrak pada beberapa model SUV di dibawah protokol 2017-2020. Hasilnya beberapa model tersebut meraih hasil lima bintang. 

“SUV merupakan model yang banyak diminati di wilayah Asia Tenggara karena kemampuan membawa lebih banyak penumpang dan membawa barang dibanding model sedan. Dengan membuat struktur kendaraan menjadi lebih kuat saat tabrakan mampu menyelamatkan penumpang,” ucap Secretary general ASEAN NCAP, Khairil Anwar.

Nissan Terra mengusung mesin common rail turbo diesel 2.488 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 190 ps pada 3600 rpm dan torsi 450 Nm yang dipasangkan dengan transmisi manual 7-percepatan dan otomatik.

SUV ini dibanderol mulai Rp 464 juta dan ditawarkan dalam empat varian yakni 4x2 MT, 4x2 AT E, 4x2 VL AT, dan 4x4 VL AT. 



Close Ads X