Perpres Kendaraan Listrik Masuk Tahap Penyelarasan

Kompas.com - 06/12/2018, 08:02 WIB
Ilustrasi kendaraan listrik stanlyIlustrasi kendaraan listrik
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembahasan draft Peraturan Presiden (Perpres) kendaraan listrik mendekati babak akhir. Dipastikan dalam waktu dekat, regulasi untuk mobil, sepeda motor, dan bus listrik ini siap untuk keluar dan diimplementasikan.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko, mengatakan, saat ini draft Perpres sudah memasuki tahap penyelarasan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

"Saat ini tinggal penyelerasan. Dari Kementertian ESDM sudah, Kementerian Perindustrian juga sudah, sekarang lagi di Kementerian Kemaritiman," ucap Moeldoko kepada wartawan usai peresmian charging station milik BPPT di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Baca juga: BPPT Siapkan Standarisasi Charging Station Mobil Listrik

Moeldoko melanjutkan penjelasan, ada beberapa hal yang sedang dibahas, antara lain mengenai kesiapan ESDM untuk masalah penyediaan listrik. Selain itu juga dari sistem perpajakan yang dibicarakan dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk kesiapan industrialiasasi.

 BPPT Mulai Inovasi Charging Stationstanly BPPT Mulai Inovasi Charging Station

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikan, pria yang juga pengagas Mobil Anak Bangsa (MAB) ini memastikan bila draft kendaraan listrik akan meluncur sesuai target. Karena hal tersebut tekait masalah energi terbarukan yang memang menjadi sorotan.

"Target awal 2019, jadi makin cepat akan semakin bagus. Mudah-mudahan dengan turunnya Perpres semuanya akan berjalan baik, Indonesia harus melakukan perubahan, masa depan adalah baterai, baterai adalah masa depan. Kalau tidak sekarang kapan lagi," kata Moeldoko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.