Tanggapan Pertamina Perihal British Petroleum di Indonesia

Kompas.com - 30/11/2018, 17:01 WIB
SPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka. stanlySPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui perusahaan joint venture, British Petroleum (BP) mulai memasuki kompetisi bisnis bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan di Indonesia.

Meski saat ini baru memiliki satu SPBU, namun rencana satu dekade ke depan AKR-BP menargetkan siap membangun 350 SPBU yang tersebar di Indonesia.

Menanggapi adanya kompetitor baru tersebut, PT Pertamina (Persero) mengaku sangat menyambut positif, karena tiap badan usaha pastinya akan bersaing untuk memberikan lanyanan yang terbaik.

Baca juga: Pertamina Kaji Penurunan Harga BBM Non Subsidi

"Kita sambut, dan tentu kita juga sudah ada stategi-strategi lainnya. Justru dengan adanya persaingan menimbulkan suasana kompetisi yang menjadi dorongan bagi kami untuk memberikan yang terbaik," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, kepada Kompas.com, Jumat (30/11/2018).

Adiatma menjelaskan bahwa Pertamina sudah memiliki rangkaian rencana strategis, salah satunya dengan penambahan 200 SPBU baru di 2019 mendatang. Selain itu, inovasi lain terkait produk dan layanan juga sedang di uji coba.

SPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka.stanly SPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka.
Ketika ditanya soal jumlah SPBU hingga saat ini, menurut Adiatma dari data yang ada Pertamina sudah memiliki 5.518 SPBU yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan sampai daerah-daerah pelosok.

"Sampai saat ini kita sudah ada 7.000 lembaga penyalur Pertamina yang beroperasi di Indonesia. Untuk total SPBU itu dari data mencapai 5.518, hal ini menjadikan kami sebagai perusahaan energi yang mengelola jalur distribusi terkompleks di dunia," ujar Adiatma.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X