Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Head Unit Penuh Sidik Jari, Begini Cara Bersihkannya

Kompas.com - 27/11/2018, 10:42 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil modern saat ini, banyak yang sudah dilengkapi dengan model head unit yang memiliki layar. Tapi biasanya, layar head unit ini cepat terlihat kotor, karena diakses dengan jari tangan.

Kondisi layar yang kotor seperti terlihat banyak sidik jari, bisa membuat sensitivitas layar sentuh berkurang. Tapi, ada cara mudah buat membersihkannya.

"Biasanya layar sentuh itu sensitif terhadap kotoran dan minyak, apalagi saat tangan kita kotor. Sidik jari ini bisa meninggalkan noda dan berpengaruh pada sensitivitasi," ucap Rochim punggawa CAS Audio beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Pintar Pilih Head Unit Bekas

Untuk membersihkan head unit sendiri di rumah, siapkan lap atau kain yang lembut atau memiliki materi microfiber dan basahkan sedikit dengan air. Air cukup diteteskan sedikit saja ke kain , atau bisa juga menggunakan cairan pembersih untuk layar ponsel atau laptop.

"Hindari bahan kimia apapun termasuk alkohol untuk bersihkan touch screen. Saat dibersihkan cukup diusap saja, jangan sampai ditekan," ujar Rochim.

Usap perlahan sampai dirasa sidik jari dan kotoran di layar sentuh itu hilang. Intinya, jangan membasahi langsung layar sentuh dengan air, karena berisiko rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com