Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2018, 17:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek cukup tinggi. Oleh sebab itu, para pemilik mobil sudah mulai waspada karena banyak jalan yang tergenang air, bahkan menyebabkan banjir.

Apabila mobil Anda terendam banjir, maka langkah utama jangan langsung menyalakan mesin. Penanganan pertama menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara memutus arus kelistrikan.

Suparman mencontohkan, yang pertama dilakukan adalah melepaskan kabel aki di terminal plus. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya korsleting.

Langkah selanjutnya, lanjut Suparman memindahkan mobil dengan cara mendorong ke daerah yang telah surut atau yang tidak terendam air. Ingat jangan sambil menyalakan mesin.

Baca juga: Tingkat Kerusakan Mobil Akibat Banjir dan Biaya Perbaikannya

"Karena dengan menyalakan mesin sama saja memicu hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan," kata Suparman kepada Kompas.com belum lama ini.

Dalam foto yang dirilis Jumat (24/8/2018), terlihat sebuah mobil terendam akibat banjir yang terjadi di Chiayi. Banjir yang diakibatkan depresi tropis mengakibatkan enam orang tewas.AFP/CNA PHOTO Dalam foto yang dirilis Jumat (24/8/2018), terlihat sebuah mobil terendam akibat banjir yang terjadi di Chiayi. Banjir yang diakibatkan depresi tropis mengakibatkan enam orang tewas.

Lanjut Suparman, apalagi jika ada sisa air masuk ke saluran isap udara menuju ruang bakar, maka akan terjadi water hammer di mesin, sehingga akan mengakibatkan jantung pacu menjadi jebol.

"Setelah itu, bisa langsung di bawa ke bengkel untuk di cek lebih lanjut, sebab penanganan mobil yang sudah terendam banjir tidak mudah," ujar Suparman.

Nah, jadi buat para pemilik mobil sudah mulai harus waspada dan usahakan menghindari jalan yang sering banjir, demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.