Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tes Motor Listrik Gesits, Janji Beli 100 Unit (Video)

Kompas.com - 07/11/2018, 13:17 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Rencana Presiden RI Joko Widodo untuk menjadi orang pertama yang mencoba Gesits versi produksi, akhirnya terealisasi. Ini menjadi tonggak sejarah penting, dukungan pemerintah buat karya anak bangsa.

Presiden Jokowi menyempatkan waktunya untuk mengendarai Gesits di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018), usai melakukan audiensi dengan PT Garansindo dan pihak Institusi Teknologi Sepuluh November (ITS) selaku pihak yang mengembangkan Gesits dari nol.

Gesits sendiri, skutik bertenaga listrik dengan daya motor 5KW yang dapat menempuh jarak sejauh 80 – 100 kilometer dalam daya baterai penuh, dengan kecepatan maximal sampai dengan 100 km per jam atau setara dengan motor skuter bermesin konvensional 125cc.

Baca juga: Gesits Produksi Akhir 2018, Jokowi Sudah Menanti

Jokowi tes skuter karya anak bangsa Gesits, Rabu (7/1/2018).GESITS_INDONESIA Jokowi tes skuter karya anak bangsa Gesits, Rabu (7/1/2018).

Skuter buatan anak bangsa ini membutuhkan sekitar 1,5 sampai 3 jam untuk sekali pengisian baterai. Namun secara resmi, spesifikasi yang saat ini siap produksi belum diumumkan pihak Gesits.

Baca juga: Jajal Motor Listrik Gesits di Istana, Jokowi Bingung Tak Ada Suara Knalpot

PT Garansindo memastikan skuter listrik karya anak bangsa itu akan mulai diproduksi pada Januari 2019. Namun kali ini, Presiden tak jadi meminta untuk diberikan Gesits, seperti yang disebut Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir beberapa waktu lalu, melainkan bakal membelinya.

"Ini kalau sudah diproduksi saya, pembeli pertama. Saya akan beli 100," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Berikut detik-detik Presiden Joko Widodo menunggangi Gesits, dikutip dari akun resmi instagram Gesits Indonesia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com