Pencapaian Ekspor Suzuki APV Selama 14 Tahun - Kompas.com

Pencapaian Ekspor Suzuki APV Selama 14 Tahun

Kompas.com - 12/10/2018, 07:02 WIB
New APV Luxury sebagai model lifestyle.Febri Ardani New APV Luxury sebagai model lifestyle.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak 2004 Suzuki mulai melakukan ekspor APV ke puluhan negara di dunia. Selama 14 tahun itu, pencapaian ekspor model yang mengusung konsep All Purpose Vehicle itu sudah mencapai 223.341 unit.

Jumlah tersebut akan terus meningkat, karena sepanjang tahun ini PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menargetkan jumlah ekspor APV mencapai 17.128 unit.

"Pencapaian ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, karena APV sebagai karya anak bangsa telah diakui kualitasnya sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dunia," ujar Hady Surjono Halim, Departement Head of Export Import PT SIM dalam siaran resmi, Jumat (12/10/2018).

Baca juga: Ekspor Suzuki APV ke Australia Berhenti di Satu Dekade

Hady melanjutkan, pencapaian ini juga didukung oleh beberapa hal, seperti APV sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 4 dan Euro 5. Secara total, model ini sudah dikirim ke 89 negara di kawasan Afrika, Asia, Timur Tengah, Oseania, Amerika Latin, dan Karibia.

"Kedepannya kami akan terus mengembangkan pasar ekspor APV untuk memenuhi kebutuhan negara lain akan kendaraan multifungsi," kata Hady.

Pasar Domestik

New Suzuki APV LuxuryFebri Ardani Saragih/KompasOtomotif New Suzuki APV Luxury

Salah satu pasar potensial di domestik, yaitu konsumen fleet yang terdiri dari pengusaha dan pemerintah. Sepanjang Januari-September 2018 sudah terjual 3.428 unit dari pembeli borongan.

"APV identik dengan ruang kabin yang luas sehingga memberi kenyamanan saat berkendara serta didukung performa mesin yang tangguh," ujar Makmur, 4W Sales Director PT SIS.



Close Ads X