Sudah di India, Gunadi Bisa Tiba di Himalaya Lebih Cepat

Kompas.com - 17/09/2018, 17:24 WIB
Salah satu wilayah yang dilewati Gunadi dalam perjalannnya menuju Pegunungan Himalaya. Dokumentasi/GunadiSalah satu wilayah yang dilewati Gunadi dalam perjalannnya menuju Pegunungan Himalaya.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Biker Indonesia yang sedang dalam misi mencapai Himalaya, Gunadi (41) dilaporkan sudah berada di wilayah India. Ia kini tengah bersiap masuk ke wilayah Nepal.

Ada kemungkinan Gunadi akan tiba lebih awal di Pegunungan Himalaya, lebih cepat dari jadwal semula. Menurut Gunadi, pada bulan Oktober nanti, wilayah Himalaya India akan dilanda musim hujan dan salju dengan intensitas tinggi.

Pada awalnya, Gunadi direncanakan tiba di Himalaya saat peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2018. Selama perjalanan, Gunadi mengendarai motor Viar Vortex 250.

"Sepertinya motor Indonesia terlalu cepat tiba di Assam dan Sirguli, India, dan mudah-mudahan bisa dipastikan akan cepat juga tiba di Leh (Khardungla) Himalaya dari jadwal semula," kata Gunadi melalui keterangan tertulisnya, Senin (17/9/2018).

Baca juga: Riding ke Himalaya, Gunadi Sempat Tertahan di Myanmar

Salah satu wilayah yang dilewati Gunadi dalam perjalannnya menuju Pegunungan Himalaya.Dokumentasi/Gunadi Salah satu wilayah yang dilewati Gunadi dalam perjalannnya menuju Pegunungan Himalaya.

Gunadi memulai perjalanan dari Jakarta pada 26 Agustus lalu. Selama tiga pekan, ia sudah menyusuri Sumatera, Malaysia, Thailand, dan Myanmar, sebelum akhirnya masuk ke India melalui Sirguli.

Selama perjalanan tiga hari terakhir dari Bagan, Myanmar ke Sirguli, India, Gunadi sempat melewati daerah bernama Kohima di India yang berada di daerah pegunungan dan butuh dua hari perjalanan untuk melewatinya. Menurut Gunadi, daerah tersebut minim sinyal dan tak ada wifi. Namun ia menilai rute tersebut sangat cocok bagi biker yang doyan melibas jalan "off-road".

Baca juga: Naik Motor ke Himalaya, Gunadi Tempuh 655 Km dalam Sehari

"Selepas Kohima, saya baru merasakan jalan mulus sampai akhirnya masuk ke daerah Assam, India," ucap Gunadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X