Penjualan Lagi Jelek, Nissan Indonesia Mencoba Bangit - Kompas.com

Penjualan Lagi Jelek, Nissan Indonesia Mencoba Bangit

Kompas.com - 03/09/2018, 09:02 WIB
Suasana di booth Nissan pada IIMS 2014KompasOtomotif-Donny Apriliananda Suasana di booth Nissan pada IIMS 2014

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Nissan Motor Indonesia (NMI) semester pertama 2018 anjlok 47 persen atau 4.813 unit dibanding tahun lalu periode sama mencapai 9.146 unit.

Hampir semua model performa penjualannya menurun, jika dibandingkan dengan tahun lalu. Bahkan, secara urutan nasional berhasil digeser oleh Wuling yang kini berada diposisi ke 10 merek mobil terlaris di Indonesia.

Melihat kondisi seperti itu, sudah pasti merek otomotif asal Jepang yang sudah cukup lama eksis di Tanah Air ini tidak tinggal diam. Berbagai strategi telah disiapkan untuk kembali pulih.

Presiden Direktur NMI Eichii Koito, mengatakan, langkah yang disiapkan seperti meluncurkan produk baru, hingga menambah jumlah diler. Target sampai akhir tahun fiskal 2018, akan memiliki diler 108.

Baca juga: Xpander Versi Nissan Lahir Awal 2019, Mitsubishi Pilih Bungkam

"Jadi meluncurkan banyak model dan menambah jaringan penjualan merupakan langkah yang cukup tepat," ucap Koito belum lama ini di Bekasi, Jawa Barat.

All New Nissan Terra meluncur di GIIAS 2018Aditya Maulana/Kompas.com All New Nissan Terra meluncur di GIIAS 2018

Sementara itu, Hana Maharani, Head of Product Communications PT NMI menambahkan, bahwa tidak hanya Terra, model lain juga ikut mendukung aktivitas penjualan, karena sepanjang 2018 saja sudah ada beberapa model yang diluncurkan.

"Jadi sesuai dengan rencana kita dalam jangka waktu pendek, selain SUV, akan meluncurkan juga beberapa model lain termasuk MPV nanti," ujar Hana ketika berbincang dengan Kompas.com di tempat sama.



Close Ads X