Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Navya, Mobil Otonomos Pertama Beroperasi di Indonesia

Kompas.com - 24/08/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Telkomsel manfaatkan ajang Asian Games, buat memperkenalkan ke publik Tanah Air, kendaraan listrik tanpa sopir atau otonomos (autonomous). Mikro bus ini menjadi kendaraan berteknologi otonomos pertama yang beroperasi di Indonesia, ditopang teknologi 5G Telkomsel.

Ini menarik, pasalnya tren otomotif dunia saat ini sedang bergerak ke arah ramah lingkungan dan teknologi driveless car (self-driving car). Lewat ini, kita juga bisa merasakannya, meski berstatus demo.

“Kami bangga memberikan salah satu pengalaman khususnya di event asian games, yaitu lewat Telkomsel 5G Experience Center, di sini, kita ingin masyarakat indonesia bisa merasakan teknologi masa depan, salah satunya mobil tanpa supir,” ujar Indra Mardiatna, Vice President Technology and System Telkomsel, Kamis (23/8/2018).

Baca juga: Ada Mobil Otonomos Ramaikan Asian Games 2018 di GBK

Kendaraan otonomos Navya di booth Telkomsel ramaikan Asian Games 2018.KOMPAS.com / RESKA K NISTANTO Kendaraan otonomos Navya di booth Telkomsel ramaikan Asian Games 2018.

“Kendaraan yang kami persembahkan tersebut, mungkin satu-satunya mobil listrik otonomos yang pernah menginjakkan kaki di Indonesia,” ujar Indra.

Indra memberikan keterangan, sampai saat ini teknologi yang ditunjukkan tersebut belum dikomersialisasi, mungkin beberapa waktu lagi sambil menunggu pengembangan teknologi dan infrastrukturnya. Mereka berharap bisa mengedukasi publik juga lewat ini.

Minibus Listrik Otonom (Autonomous Electric Vehicle) tersebut bermerek Navya asal Perancis, berpenggerak listrik dengan daya Battery Pack kapasitas 33 kWh, dan bertahan selama 9 jam. Selain itu, teknologi yang dibangun oleh ST Engineering bersama Telkomsel.  

Kendaraan otonomos Navya berkeliling di GBK Senayan saat acara Asian Games, Jakarta, Kamis (23/08/2018). Mobil ini merupakan mobil tanpa awak pengemudi yang dihadirkan operator seluler Telkomsel selama acara Asian Games berlangsung.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Kendaraan otonomos Navya berkeliling di GBK Senayan saat acara Asian Games, Jakarta, Kamis (23/08/2018). Mobil ini merupakan mobil tanpa awak pengemudi yang dihadirkan operator seluler Telkomsel selama acara Asian Games berlangsung.

Pengecasan dilakukan selama 7-8 jam, di mana kapasitas penumpang saat ini hingga 12 orang, dengan formasi 8 duduk dan 4 berdiri.

Telkomsel 5G Experience Center dibuka publik selama ajang Asian Games 2018, sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018. Tak hanya mobil otonomos, ada juga demo permainan berteknologi tinggi seperti Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022, Beat the Robot, dan Future Driving.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com