Berencana Akhir Pekan ke GIIAS, Siapkan Minimal Rp 1 Juta

Kompas.com - 04/08/2018, 09:02 WIB
Para pengunjung yang datang ke Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 pada penyelenggaraan hari kedua, Jumat (3/8/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Para pengunjung yang datang ke Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 pada penyelenggaraan hari kedua, Jumat (3/8/2018).

TANGERANG, KOMPAS.com - Berkunjung ke pameran otomotif skala international seperti di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada akhir pekan, dinilai bisa jadi salah satu alternatif menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun perlu diingat, kegiatan ini bisa menghabiskan uang cukup banyak.

Kompas.com merangkum rincian biaya yang harus dikeluarkan calon pengunjung GIIAS 2018 yang ingin pergi bersama keluarga saat akhir pekan. Berikut daftarnya:

1. Karcis Masuk

Pada GIIAS 2018, panitia menetapkan harga tiket mencapai Rp 100.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Angka tersebut naik dua kali lipat dibanding harga tiket hari Senin-Jumat yang hanya Rp 50.000.

Artinya, bila ada pengunjung yang pergi dengan tiga anggota keluarga lainnya (istri dan dua anak), maka biaya tiket yang harus dikeluarkannya mencapai Rp 400.000. Namun ada pengecualian apabila ada anak dengan usia di bawah 7 tahun.

Panitia diketahui memberikan tiket gratis untuk anak-anak di bawah usia 7 tahun atau dengan maksimal tinggi badan 120 centimeter. Golongan lain yang juga diberikan tiket gratis adalah lansia dengan usia 65 tahun ke atas.

Baca juga: Ragam Menu yang Disajikan di GIIAS 2018

Suasana di depan loket tiket masuk ke Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 pada penyelenggaraan hari kedua, Jumat (3/8/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Suasana di depan loket tiket masuk ke Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 pada penyelenggaraan hari kedua, Jumat (3/8/2018).


2. Transportasi

Sejak pertama kali diselenggaraan tahun 2015, GIIAS selalu mengambil lokasi di ICE, BSD City, Tangerang. ICE bisa dibilang tergolong sulit dijangkau dengan angkutan umum. Sebab tak ada layanan yang melayani langsung ke tempat ini.

Panitia memang menyediakan shuttle bus. Namun hanya melayani antar jemput dari ICE ke beberapa tempat saja, seperti Q Big, The Breeze, Aeon Mall, Bintaro Exchange, dan Stasiun Rawa Buntu. Atas dasar itu, pergi menggunakan mobil sendiri atau taksi online menjadi pilihan terbaik bila ingin pergi bersama keluarga.

Baca juga: Berikut Titik-titik Shuttle Bus Menuju GIIAS 2018

Bila memang ingin menggunakan mobil pribadi, calon pengunjung yang datang dari wilayah yang lokasinya relatif jauh, contohnya Bekasi, Cibubur atau Jakarta Utara setidaknya harus menyiapkan uang bahan bakar minimal Rp 100.000. Biaya tersebut belum termasuk tol.

Eges, seorang pengunjung asal Jatiasih, Bekasi mengaku mengisi bahan bakar hingga Rp 150.000 untuk perjalanan dari rumahnya ke ICE dengan mobil Toyota Avanza miliknya. Biaya tersebut belum termasuk tol.

"Saya lewat JORR dari rumah ke sini lewat dua kali pintu tol, masing-masing bayar Rp 9.500. Jadi untuk tol sekali jalan bisa Rp 19.000," kata Eges.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X