Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sokonindo Tanpa Masalah dengan Mobil Listrik atau Hybrid

Kompas.com - 23/07/2018, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrik PT Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten, diklaim memiliki teknologi canggih dan modern. Secara keseluruhan telah menerapkan sistem pabrik 4.0 atau 90 persen otomatisasi alias menggunakan robot.

Oleh sebab itu, menurut Franz Wang, Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile untuk menyambut program pemerintah mengenai mobil ramah lingkungan seperti listrik hingga hybrid, dirasanya tidak ada masalah.

"Pabrik kami pun sudah memiliki teknologi tinggi untuk membuat mobil, dan secara teknologi bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembuatan mobil listrik," ujar Franz pekan lalu di kawasan Jakarta Selatan.

Baca juga: Jokowi Harus Berperan Dalam Pengembangan Mobil Listrik

Pria asal China itu menjelaskan, secara teknologi perusahaan induknya telah bekerjasama dengan pabrikan mobil listrik terkemuka asal Amerika Serikat (AS), yaitu Tesla. Alih teknologi tersebut bisa saja dibawa sampai ke Indonesia.

Proses produksi yang menggunakan robot di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Proses produksi yang menggunakan robot di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten.

"Jadi itu semua nanti tergantung kepada masyarakat Indonesia, apakah sudah cukup terbuka untuk menerima kehadiran mobil listrik atau belum," ucap Franz.

Pabrik Sokonindo itu sendiri secara resmi beroperasi pada 2017, dengan total investasi mencapai 150 juta dollar Amerika Serikat. Sekarang selain pikap, digunakan merakit sport utility vehicle (SUV) Glory 580.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com