Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berkendara Aman pada Bulan Puasa

Kompas.com - 22/05/2018, 04:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil atau mengendarai sepeda motor ketika Ramadhan, sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bulan biasa. Paling utama, secara fisik sedikit mudah lelah karena asupan makan dan minum berkurang.

Meski begitu, bukan berarti tidak boleh berkendara. Banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap aman ketika di jalan raya, salah satunya mengatur gaya mengemudi atau berkendara.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center menjelaskan, ketika puasa kemampuan spasial (untuk melihat ke dalaman, jarak, kecepatan) menurun drastis, dan waktu reaksi menjadi lebih lambat.

Belum lagi secara psikologis, orang yang sedang berpuasa juga cenderung kurang sabar dan mudah mengantuk karena waktu tidur berubah.

Baca juga: Kampanye Keselamatan Berkendara Masih Sangat Dibutuhkan

"Oleh karena itu perlu untuk mempersiapkan diri saat sahur dengan makanan yang tinggi serat dan asupan air yang cukup," ujar Marcell kepada KOMPAS.com pekan lalu.

Ketika waktu sudah menjelang siang, maka pengendara wajib melakukan power up atau tidur hanya 15 menit untuk memulihkan kembali tubuh agar kembali segar dan bisa berkonsentrasi maksimal.

"Paling utama, pastikan memiliki mental dan pikiran yang positif, dengan itu tubuh tidak mudah lelah. Sebaliknya jika negatif maka mudah emosi dan membuat tubuh menjadi mudah lelah serta meningkatkan perilaku yang berisiko tidak disiplin ketika berkendara," ujar Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com