Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rata-rata Konsumsi BBM Traga Hasil Tes Isuzu Indonesia

Kompas.com - 12/05/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Bogor, KOMPAS.com – Traga, jagoan baru Isuzu buat lawan Mitsubishi L300, siap mengambil 11 persen target, dari porsi segmen medium pikap tahun ini. Punya bekal untuk bertempur, salah satu yang diklaim unggulan, adalah soal konsumsi solar.

Berdasarkan hasil pengetesan dan uji lapangan, pihak Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyebutkan, Traga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar minyak (BBM) 20 persen sampai 25 persen lebih baik, dibanding dengan kompetitornya.

“Kombinasi pas antara mesin, transmisi, steering, kaki-kaki menghadirkan konsumsi bahan bakar yang efisien, baik itu di jalan datar, di perkotaan, di tanjakan maupun di jalan tol,” ucap Tonton Eko, Product Development Division Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Isuzu Traga Tantang Nama Besar L300

Isuzu Traga versi boks.Dok. ISUZUCENTER.com Isuzu Traga versi boks.

“Pada kondisi jalan menanjak terparah, kami bisa 15 persen lebih efisien dibanding kompetitor. Lalu jalur highway itu 30 persen lebih baik. Jadi kalau bicara rata-rata, keiritannya 20 sampai 25 persen lebiih hemat,” tutur Tonton.

Lebih detail lagi, soal hitung-hitungan efisiensi bahan bakar berdasarkan klaim hasil tes Isuzu Indonesia, di tol konsumsinya 13 kpl, kalau di tanjakan 4,6 kpl, sedangkan di perkotaan 11,7 kpl.

“Kami melakukan pengetesan itu dengan beban 1,5 ton, sesuai dengan  GVW (gross vehicle weight) , di mana untuk rute tol kami menggunakan jalurnya Cipali. Sementara untuk tanjakannya kami tes di daerah Lembang dan Cikole,” ujar Tonton.

“Pengujian dilakukan berkali-kali dengan alat khusus Race Logic, jadi semua data lebih akurat, jadi bukan fuel to fuel lagi,” kata Tonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com