Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monster Jam, Balapan Truk Monster yang Diperkenalkan di IIMS 2018

Kompas.com - 23/04/2018, 12:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Penggemar dunia otomotif di Indonesia mungkin masih asing dengan nama Monster Jam. Tidak seperti MotoGP ataupun Formula 1, nama ajang balapan asal Amerika Serikat ini masih asing di telinga.

Tapi tidak demikian dengan di negara asalnya. Di negeri Paman Sam, Monster Jam merupakan salah satu tontonan favorit seperti halnya Nascar.

Monster Jam adalah balapan sekaligus pertunjukan "freestyle" truk-truk monster berbobot besar. Balapan ini umumnya diadakan di sebuah stadion.

El Toro Loco, truk monster setinggi 4 meter yang ikut hadir di perhelatan Indonesai International Motor Show (IIMS) 2018Wikipedia El Toro Loco, truk monster setinggi 4 meter yang ikut hadir di perhelatan Indonesai International Motor Show (IIMS) 2018

Pada balapan Monster Jam, trek yang menjadi lintasan truk-truk monster dibuat menyerupai sirkuit motor kros. Ada gundukan tanah sebagai rintangan. Inilah yang dipakai truk monster untuk "jumping" ke udara.

"Truk-truk monster bisa melompat hingga ketinggian 12 meter di udara," kata Dito, instruktur dari Indonesia Off-Road Federation (IOF) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Dito menyampaikannya kepada para pengunjung pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Lewat IIMS, IOF ingin mencoba memperkenalkan Monster Jam ke publik Tanah Air.

Guna memeriahkan IIMS, PT Dyandra Promosindo bahkan sampai mendatangkan salah satu truk monster yang ikut pertunjukan Monster Jam, yakni El Toro Loco langsung dari Amerika.

Baca juga : El Toro Loco Dibuat dari Mobil Apa?

Antusiasme pengunjung IIMS menyaksikan dari dekat deru mesin El Toro Loco pada penyelenggaraan hari keempat, Minggu (22/4/2018)Kompas.com/Alsadad Rudi Antusiasme pengunjung IIMS menyaksikan dari dekat deru mesin El Toro Loco pada penyelenggaraan hari keempat, Minggu (22/4/2018)

Si "Banteng Gila" ini hadir bersama dengan sang pemilik mobil sekaligus pebalapnya, Dan Evans. Menurut Dan, Monster Jam kini tidak hanya mengadakan pertunjukan di kota-kota di Amerika. Tapi mulai merambah ke mancanegara, salah satunya Singapura.

Di Negeri Singa itu, pertunjukan Monster Jam sempat dihadirkan di Stadion Nasional Singapura.

"Saat ke Singapura, kami membawa sampai 12 truk," ujar pria asal Michigan ini.

Baca juga : Ada Mobil Raksasa Setinggi 4 Meter di IIMS 2018

Pengunjung IIMS 2018 antusias berfoto bersama Dan Evans di depan El Toro Loco pada Minggu (22/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Pengunjung IIMS 2018 antusias berfoto bersama Dan Evans di depan El Toro Loco pada Minggu (22/4/2018).

Tidak sembarangan orang bisa menjadi pebalap truk Monster Jam. Menurut Dan, pebalap Monster Jam adalah para pengemudi yang sudah lulus kualifikasi di Monster Jam University.

Di tempat tersebut, mereka akan dites keahlian dan ketangkasannya dalam berkendara. Jika dianggap layak, barulah para calon pebalap diperkenalkan dengan truk monster dan dilatih untuk menjadi freestyler profesional.

"Kalau lolos baru nantinya dapat sertifikat menjadi pengemudi Monster Jam," pungkas Dan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com