Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Mogok di Gurun Sahara, Hauwke Ganti Aki di Spanyol

Kompas.com - 18/04/2018, 13:05 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Salah satu anggota tim ekspedisi keliling dunia "Happy Go Lucky", Hartawan Setjodiningrat, tiba di Spanyol awal pekan ini. Di Negeri Matador tersebut, pria yang akrab disapa Hauwke ini sempat mengganti aki mobilnya.

Spanyol adalah negara yang dilintasi Hauwke sebelum menyeberang ke Afrika, tepatnya ke Maroko. Menurut Hauwke, aki harus diganti mengantisipasi agar mobil tidak mengalami masalah saat berada di Maroko, terutama di Gurun Sahara.

"Kalau dipaksa masih bisa sebetulnya. Karena saya pakai dua aki. Tapi nanti beresiko saat melewati Sahara, takutnya malah ngedorong," kata Hauwke lewat keterangan tertulisnya, Rabu (18/4/2018).

Mobil yang dipakai salah satu anggota tim ekspedisi Happy Go Lucky, Hartawan Setjodoningrat sedang mengganti aki di Spanyol. Spanyol adalah salah satu wilayah di Eropa yang dilintasi Hauwke dalam perjalanannya keliling dunia.Dokumentasi/Hartawan Setjodiningrat Mobil yang dipakai salah satu anggota tim ekspedisi Happy Go Lucky, Hartawan Setjodoningrat sedang mengganti aki di Spanyol. Spanyol adalah salah satu wilayah di Eropa yang dilintasi Hauwke dalam perjalanannya keliling dunia.

Hauwke menggunakan mobil Toyota Land Cruiser VX tahun 1995. Mobil inilah yang sudah dipakainya menempuh perjalanan lebih dari 60 negara sejak 2014 silam.

Khusus aki yang baru saja diganti, Hauwke mengaku sudah menggunakannya sejak dua tahun terakhir untuk jarak tempuh 30.000 kilometer.

Baca juga : Alasan Hauwke Keliling Dunia Pakai Land Cruiser Lawas

"Karena sudah dua tahun umur akinya dengan jarak 30.000. Kena cuaca panas dan dingin. Jadi sebaiknya diganti biar tidak bermasalah," ucap Hauwke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com