Kompas.com - 13/03/2018, 12:31 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com -Buat Hartawan "Hauwke" Setjodiningrat perasaan punya mobil mewah sepertinya sudah hal biasa. Pria kelahiran 1955 ini dikenal punya banyak koleksi mobil, dari yang kuno hingga modern.

Berpetualang bersama tiga rekan, keliling dunia sejak pertengahan 2014-Desember 2017, melintasi 60 negara, menyisakan cerita menarik. Dari puluhan koleksi mobil yang dimiliki, Hauwke justru memilih mengendarai dua unit Toyota Land Cruiser VX lansiran 1995 dan 1996, selama berpetualang.

Ditemui di rumahnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018), Hauwke menjelaskan alasan menggunakan Land Cruiser lawas. Menurut Hauwke, Land Cruiser VX merupakan salah satu tipe mobil yang banyak digunakan di seluruh dunia. Karena banyak digunakan, maka akan mudah mendapatkan suku cadang jika mobil Hauwke dan rekan-rekannya mengalami masalah saat perjalanan.

"Populasinya banyak dan banyak bengkel yang mengerti juga. Kalau VX yang baru kan udah Euro 5. Jadi tidak boleh sembarangan isi solarnya. Kalau yang ini pakai solar biasa juga tidak apa-apa," kata Hauwke.

Hartawan Hauwke Setjodiningrat bersama koleksi mobil klasik di garasi rumahnya, Senin (12/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Hartawan Hauwke Setjodiningrat bersama koleksi mobil klasik di garasi rumahnya, Senin (12/3/2018).

Dari 60 negara yang sudah dilewati Hauwke, beberapa diantaranya merupakan negara yang dulu pernah menjadi lokasi perang. Ia mencontohkan negara-negara Balkan pecahan Yugoslavia.

Menurut Hauwke, di lokasi perang, pasukan perdamaian PBB kerap menggunakan Land Cruiser VX untuk kendaraan operasional. Hal itulah yang disebutnya menjadi salah satu penyebab menjamurnya populasi Land Cruiser VX. Karena menjamur, Hauwke menganggap maka mobil tersebut juga tidak akan menarik perhatian pelaku kejahatan.

"Saya pakai mobil yang orang tidak mau nyolong. Mobilnya juga tidak saya macam-macamin (modifikasi). Biasa aja," ujar Hauwke.

Saat ini, Land Cruiser VX tahun 1995 dan 1996 yang dipakai Hauwke dan rekan-rekannya tengah disimpan di Hamburg, Jerman. Dengan mobil itulah nantinya Hauwke dan rekan-rekannya akan melanjutkan kembali petualangannya keliling dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.