Hanya Dijual di Papua, Ini Harga Motor Listrik Jokowi

Kompas.com - 13/04/2018, 19:51 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.comMotor listrik yang dipakai Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Kota Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua adalah Wim Motor Zero 8i. Wim Motor adalah unit usaha untuk produk motor listrik dari Wim Cycle, produsen sepeda sekaligus mainan anak.

Wenson, Sales and Marketing Wim Motor mengatakan, Zero 8i dan produk motor listrik Wim Motor lainnya hanya dijual di wilayah Papua. Kabupaten Asmat menjadi daerah dengan permintaan terbesar. Di wilayah tersebut, Wenson menyebut Zero 8i pada kisaran harga Rp 12 juta hingga 13 juta.

Selain Zero 8i, Wenson menyebut produk motor listrik Wim lainnya yang dijual di Bumi Cendrawasih adalah Zero 800. Berbeda dengan Zero 8i yang bermodel skuter, Zero 800 merupakan motor listrik bermodel sport yang berkapasitas 800 watt dengan baterai 60v20Ah. Zero 800 dijual pada kisaran harga Rp 13 juta hingga Rp 14 juta.

Baca juga : Inikah Merek Motor Listrik yang Dipakai Presiden Jokowi di Asmat?

"Sebenarnya dulu ada Zero 500, tapi sudah tidak dijual lagi," kata Wenson kepada Kompas.com, Jumat (13/4/2018).

Deretan produk motor listrik Wim MotorFacebook/WIM Motor Deretan produk motor listrik Wim Motor

Menurut Wenson, pabrik Wim Motor sebenarnya berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Namun pihaknya hanya memfokuskan Papua sebagai wilayah pemasaran karena tingginya permintaan di wilayah paling timur Indonesia ini.

Wenson mengatakan larisnya motor listrik di Papua, khususnya di Asgats, disebabkan langkanya bahan bakar di sana.

Baca juga : Blusukan di Agats, Jokowi Boncengkan Iriana Naik Motor Listrik

"Karena itu penjualan kita di sana cukup tinggi. Kalau di Jawa masih jarang," ucap Wenson.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.