Kompas.com - 05/04/2018, 08:42 WIB

Jakarta, KOMPAS.com - Pernah mengalami hilang sinyal ketika main ponsel di dalam mobil? Banyak yang bilang, disebabkan oleh kaca film sehingga penerimaan sinyal menjadi tidak sempurna akibat tertahan oleh pelapis kaca itu.

Faktor lain, bisa saja terjadi karena di sekitar mobil itu banyak gedung tinggi, atau pohon, dan lain sebagainya. Lantas, apakah benar kaca film bisa mempengaruhi sinyal pada handphone (HP)?

Lianto Winata V, Business Development Director PT V-Kool Indo Lestari menjelaskan, tidak ada korelasi konkret antara kaca film dan sinyal. Meskipun kaca film terbuat dari bahan metal, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Agar Terhindar dari Kaca Film Palsu

"Sinyal itu bisa masuk dari mana saja, ada celah sedikit pun bisa masuk. Mobil itu sendiri bukan seperti kaleng yang benar-benar tertutup rapat," kata Lianto belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut dia, semua teknologi atau material yang terkandung di dalam kaca film seperti untuk menolak sinar UV sama sekali tidak akan mempengaruhi sinyal.

"Mungkin kalau memang tidak ada sinyal, memang di daerah itu sulit sinyal. Kalau disebabkan oleh kaca film sangat tidak mungkin, buktinya sudah banyak yang pakai kaca film merek kami (V-Kool) yang tidak masalah soal sinyal ponsel," kata Lianto lagi.

Kandungan Logam

Sementara menurut Christoper Sebastian, Direktur PT Makko Raya Gemilang sebagai distributor resmi berbagai merek kaca film, memang ada kaca film yang bisa menghambat sinyal ponsel.

"Kalau yang kandungan logam dari kaca film itu lebih dari 50 persen bisa menggangu sinyal ponsel," kata Christoper ketika dihubungi KOMPAS.com, Kamis (5/4/2018).

Kandungan logam yang terkandung pada kaca film itu, otomatis bisa menggangu sinyal, karena komposisinya terlalu banyak. "Kalau yang di bawah 50 persen, tidak akan menggangu sinyal ponsel," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.