Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2018, 18:21 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Ternyata Yamaha NMAX 155 tetap perkasa walau nada ancaman sudah dinyanyikan Honda lewat PCX 150 rakitan lokal sejak Desember lalu. Pada bulan pertama PCX mulai dijual, Februari, hasilnya 9.661 unit, sedangkan NMAX 34.044 unit.

Hasil NMAX pada Febuari naik 5.642 unit dari Januari. Selama dua bulan awal tahun ini NMAX sudah laku 62.446 unit atau tumbuh lebih dari 50 persen bila dibandingkan periode sama tahun lalu.

Baca: Membandingkan Spesifikasi PCX Terbaru dan NMAX

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan facelift NMAX pada Desember 2017, beberapa hari sebelum PCX diperkenakan. Walau menyegarkan namun kekuatan NMAX bukan itu saja, tapi juga citra skutik maxi murah yang sudah melekat lebih dulu.

PCX yang sedang berusaha mengubah persepsi masyarakat dari produk mahal menjadi terjangkau mendapatkan penjualan awal dihimpun dari pemesanan konsumen sejak Desember 2017. Distribusi ke konsumen belum selesai pada Februari sebab Astra Honda Motor pernah menyebut bulan lalu total pesanan mencapai 12.000 unit.

Masih terlalu buru-buru bilang PCX lokal tidak bisa mengalahkan NMAX, namun memang kenyataannya sekarang posisi NMAX memang jauh lebih unggul. Pertarungan kedua model ini diharapkan bisa mengangkat pasar skutik maxi 150cc, ujungnya bisa meningkatkan volume penjualan nasional.

Daftar penjualan:
Yamaha NMAX
Januari: 28.402 unit
Februari: 34.044 unit
Total: 62.446 unit

Honda PCX
Januari: -
Februari: 9.661 unit
Total: 9.661 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com