Setelah 60 Negara, Hauwke Melanjutkan Tur Keliling Dunia - Kompas.com

Setelah 60 Negara, Hauwke Melanjutkan Tur Keliling Dunia

Kompas.com - 13/03/2018, 12:02 WIB
Hartawan Hauwke Setjodiningrat bersama koleksi mobil klasik di garasi rumahnya, Senin (12/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Hartawan Hauwke Setjodiningrat bersama koleksi mobil klasik di garasi rumahnya, Senin (12/3/2018).

Jakarta, KOMPAS.com - Sudah sekitar tiga tahun lebih Hartawan "Hauwke" Setjodiningrat beserta tiga rekannya, yakni Sunny Ruslie, Hendarmin Wibawa, dan Tridharma tur keliling dunia. Memulai perjalanan dari Port Kelang, Malaysia pada pertengahan 2014, hingga akhir 2017 silam, tercatat sudah ada sekitar 60 negara yang dilewati Hauwke. Total jarak yang ditempuh mencapai sekitar 60.000 kilometer.

Dalam ekspedisi yang dinamakan Happy Go Lucky itu, negara-negara yang sudah dilewati Hauwke dan rekan antara lain, daratan Indocina, China, Rusia, Eropa Timur, dan titik terakhir Jerman. Mereka berpetualang dengan mengendarai dua unit Toyota Land Cruiser VX tahun 1995 dan 1996.

Baca juga : Pakai Mobil, Pasangan Kakek Nenek Ini 8 Bulan Keliling Dunia

Perjalanan Hauwke dan kawan-kawan tidak dilakukan selama tiga tahun penuh. Pada kurun waktu tertentu, mereke masih menyempatkan diri pulang ke Tanah Air untuk berisitirahat. Namun mobil ditinggalkan di titik pemberhentian terakhir.

Hartawan Hauwke Setjodiningrat bersama dengan Sunny Ruslie saat ditemui di kediaman Hauwke di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Hartawan Hauwke Setjodiningrat bersama dengan Sunny Ruslie saat ditemui di kediaman Hauwke di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).
Perjalanan juga tidak seluruhnya dilakukan bersamaan empat orang. Di titik tertentu, Hauwke yang lebih banyak bersama Tridharma juga sempat berpisah dengan Sunny yang lebih banyak didampingi Hendarmin. Salah satunya saat Hawke dan Tridharma mengambil rute ke Mongolia, sedangkan Sunny dan Hendarmin ke Tibet. Namun mereka kemudian kembali bertemu di satu titik untuk kemudian melanjutkan perjalanan bersama kembali.

Pada Desember 2017, Hauwke dan rekan kembali pulang ke Tanah Air untuk melepaskan penat sesaat. Setelah sempat menyusuri negara-negara Eropa Timur selama beberapa bulan, mereka untuk sementara mengakhiri perjalannnya di Hamburg, Jerman. Sampai tiba waktunya pada Senin (12/3/2018), Hauwke beserta Hendarmin dan Sunny memutuskan untuk melanjutkan kembali perjalanan mereka.

Baca juga : Tips Keliling Dunia Menggunakan Mobil Sendiri

"Nanti malam saya beserta rekan-rekan akan ke Hamburg untuk mengambil mobil kami di sana dan melanjutkan kembali perjalanan," kata Hauwke saat ditemui di kediamannya, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018) siang.

Toyota Land Cruiser VX, tipe mobil inilah yang digunakan Hartawan Hauwke Setjodiningrat dan rekan-rekannya untuk berkeliling dunia.Kompas.com/Alsadad Rudi Toyota Land Cruiser VX, tipe mobil inilah yang digunakan Hartawan Hauwke Setjodiningrat dan rekan-rekannya untuk berkeliling dunia.

Menurut Hauwke, perjalanan dari Hamburg dimulai 15 Maret mendatang. Dari Hamburg, Hawke berencana akan mengambil rute ke arah selatan melintasi Perancis, Portugal, Spanyol, menyeberang sebentar ke Maroko, untuk kemudian menyeberang kembali ke daratan Eropa, tepatnya ke Monako, untuk kemudian nantinya menyusuri wilayah Eropa Selatan hingga Turki.

Sedangkan Sunny dan Hendarmin yang sudah menyusuri Eropa Selatan akan giliran menyusuri Eropa Timur. Rencananya, Hauwke akan bertemu dengan Sunny dan Hendarmin di Turki pada Juni mendatang.

Baca juga : Pasangan Bule Ini 3 Tahun Keliling Dunia Pakai Motor Suzuki

"Rencananya kami akan parkir mobil di Turki pada Juni. Setelah itu kami akan kembali Indonesia untuk mengurus surat-surat," ucap Sunny.

Inilah hasil dari gambar peta dunia tanpa melihat contoh yang dikerjakan oleh bocah berusia 11 tahun yang menderita autisme.DAILYMAIL.CO.UK Inilah hasil dari gambar peta dunia tanpa melihat contoh yang dikerjakan oleh bocah berusia 11 tahun yang menderita autisme.

Bila berhasil mencapai Turki, Hauwke dan kawan-kawan menargetkan akan menyeberang ke Mesir untuk nantinya berjalan ke arah selatan menuju Afrika Selatan. Bila Benua Afrika sudah dijamah, Hauwke dan kawan-kawan menargetkan melanjutkan petualangannya ke Benua Amerika.

"Dari Afrika Selatan kami berencana akan menyeberang ke Amerika Selatan. Pada 2019, kami berencana memulai perjalanan dari Amerika Selatan ke arah utara sampai Alaska dan Kanada," ujar pria kelahiran tahun 1955 ini.

Baca juga : Kisah Perempuan Keliling Dunia Naik Mobil Bersama Anjing Kesayangan

Hauwke mengatakan tujuan ia dan rekan-rekannya berkeliling dunia dengan mobil dilatarbelakangi hobi turing dan keinginan untuk memperkenalkan Indonesia ke warga di seluruh pelosok dunia.


Komentar
Close Ads X