Kompas.com - 28/02/2018, 14:46 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Depok, KOMPAS.com - Modifikasi sepeda motor bergaya retro tidak hanya milik motor sport. Motor bebek juga bisa diubah bentuknya menjadi bergaya motor tempo dulu.

Pemilik toko aksesori Central Classic Custom, Nolavander mengaku sudah beberapa kali menerima pesanan ubahan retro untuk motor bebek. Untuk motor bebek, Nola menyebut ada dua bentuk yang biasanya digemari oleh konsumennya.

Baca juga : Peluang Honda Jual Motor Bebek Retro Kecil

"Untuk bebek yang sudah kita sudah sering modif model Street Cub sama model standar Honda C70," kata Nola saat ditemui Kompas.com di tokonya di Jalan Bukit Cinere Raya, Gandul, Depok, Selasa (27/2/2018).

Ilustrasi Honda Astrea Grandtmcblog.com/Restorasi Astrea Grand 91 Ilustrasi Honda Astrea Grand

Baik pada aliran Honda C70 maupun Street Cub, Nola mensyaratkan sebaiknya basis motor bebek yang digunakan adalah keluarga Astrea, baik Grand, Star, Prima, Impressa, ataupun Legenda. Menurut Nola, hanya rangka dari motor-motor itulah yang cocok diubah menjadi Honda C70 ataupun Street Cub. Sehingga ubahan yang dilakukan tidak perlu terlalu banyak.

"Kalau Supra rangkanya sudah beda. Bisa saja sih Supra. Tapi kita ambil mesinnya saja. Untuk rangka harus diubah," ujar Nola.

Salah satu Astrea Grand yang sudah diubah bentuknya menjadi bentuk Street Cub hasil kreasi Central Classic Custom, Gandul, Depok.Dokumentasi Central Classic Custom Salah satu Astrea Grand yang sudah diubah bentuknya menjadi bentuk Street Cub hasil kreasi Central Classic Custom, Gandul, Depok.

Khusus untuk Street Cub, Nola menyebut proses pengerjaannya tergolong mudah dan tidak sulit. Sebab hanya perlu memotong rangka belakang untuk dudukan jok model "single seater". Untuk ubahannya, paling hanya pada bagian setang dan batok lampu serta ban dan pelek yang lebih lebar. Ada pula sebagian pengguna yang memilih mengganti knalpot asli dengan knalpot racing.

"Memang tidak langsung plug and play. Tetap perlu diberi beberapa dudukan. Tapi tergolong simple dan tidak makan waktu lama. Paling satu sampai dua minggu," ucap Nola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.