Bikin Warna Motor Lawas Kembali Kinclong Tanpa Cat Ulang

Kompas.com - 15/01/2018, 09:32 WIB
Salah satu unit Honda Super 800 yang baru saja selesai dibody detailing di Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2017). KompasOtomotif/Alsadad RudiSalah satu unit Honda Super 800 yang baru saja selesai dibody detailing di Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2017).
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan

 

Jakarta, KompasOtomotif - Sepeda motor lawas yang masih berbalut cat original biasanya sudah dalam kondisi kusam, karena termakan usia. Bahkan ada juga yang sudah karatan.

Opsi buat cat ulang bisa saja diambil. Tetapi, banyak juga yang merasa sayang untuk mengganti cat original, karena unsur nilai historis dan keaslian produk yang memang sengaja dijaga.

Kondisi tersebut yang kemudian melatarbelakangi adanya layanan body detailing. Layanan poles motor secara detail, mulai dari bodi luar sampai ke bagian rangka (complete body detailing). Layanan ini, diklaim mampu mengembalikan kilap warna motor lawas yang sudah kusam. Menariknya, tentu tanpa harus cat ulang.

Body detailing hanya bisa dilakukan dengan teknik khusus. Beberapa tempat yang membuka jasa ini adalah Restomax Moto Detailing yang berlokasi di Jalan Lebak Bulus 1, Jakarta Selatan atau WashiWashi di Jalan Pejaten Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Salah satu unit Honda Super 800 yang baru saja selesai dibody detailing di Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu unit Honda Super 800 yang baru saja selesai dibody detailing di Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2017).

Khusus untuk di Restomaxx, menurut sang pemilik, Ibnu Aditya, sudah banyak motor lawas yang maunya dikembalikan kondisinya bak motor baru. Padahal sebelumnya motor-motor tersebut di bebearpa bagian sudah karatan.

"Jadi yang karatan kita kasih obat anti karat lagi. Pokoknya semaksimal mungkin kita balikin ke kondisi sempurna," kata Ibnu saat ditemui KompasOtomotif, Sabtu (13/1/2018).

Ibnu kemudian mencontohkan salah satu motor Honda Super 800 milik seorang konsumen, yang diturunkan dari sang kakek. Saat pertama kali dibawa ke Restomax, Ibnu menyebut motor generasi tahun 80-an tersebut masih bisa digunakan. Namun bodi terlihat kusam dan penuh karat di beberapa bagian.

Salah satu unit Honda Super 800 yang baru saja selesai dibody detailing di Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu unit Honda Super 800 yang baru saja selesai dibody detailing di Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2017).

Karena dinilai memiliki sejarah panjang terkait pemakaiannya, konsumen tersebut meminta agar warna Honda Super 800 itu dibuat kembali kinclong. Namun, tetap mempertahankan cat original bawaan pabrik yang masih melekat.

Dengan menggunakan keahliannya, mencuci dengan shampo Meguiars dan zat anti karat, motor berwarna asli putih merah berhasil dibuat kinclong lagi. Ada juga konsumen lain yang meminta mengembalikan kondisi asli cat motor Honda Karisma lansiran 2003.

"Jadi motor Karisma-nya ini motor pertama dia waktu pertama kali kerja. Sampai akhirnya usahanya berkembang dan punya segalanya, motornya ini masih disimpan. Akhirnya dia datang ke sini dan minta motornya dikembalikan kayak awal dari dealer. Tapi tidak mau bodynya dicat, harus tetap cat asli," ucap Ibnu.

Untuk body detailing sendiri, Ibnu menyebut prosesnya biasanya memakan waktu hingga 3-4 hari. Proses waktu paling lama terjadi jika dilakukan layanan completely body detailing. Karena seluruh bodi motor harus dilepas untuk sekaligus membersihkan rangka.

Salah satu yang tengah dibody detailing di Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu yang tengah dibody detailing di Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2017).

Biayanya sendiri dibedakan berdasarkan kapasitas silinder. Motor berkubikasi 125cc ke bawah (small); 150cc ke bawah (medium); 250cc ke bawah (large); serta 250cc ke atas (extra large).

Biaya yang dikenakan untuk body detailing adalah Rp 250.000 untuk small; Rp 400.000 medium; Rp 600.000 large; Rp 600.000 extra large non-fairing, dan Rp 750.000 extra large fairing.

Sedangkan bila complete body detailing, biayanya bisa bertambah menjadi Rp 500.000 untuk small; Rp 700.000 medium; dan Rp 900.000 buat large dan extra large.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X