Manfaatkan "Rest Area", Jangan Paksakan Mengemudi Saat Lelah

Kompas.com - 23/12/2017, 11:02 WIB
Astratel ikut pengusahaan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan kepemilikan saham efektif 45 persen. Dokumentasi AstratelAstratel ikut pengusahaan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan kepemilikan saham efektif 45 persen.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Bepergian ke luar kota dengan mobil pribadi merupakan salah satu cara untuk mengisi liburan panjang. Untuk pengemudi, selain harus memastikan kondisi kendaraan yang digunakan dalam kondi prima, juga termasuk menjaga kondisi tubuh fit.

Pendiri dan Instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menyarankan agar pengemudi tidak memaksakan diri untuk terus berkendara jika lelah. Ketimbang memaksakan diri, beristirahat di rest area dianggap merupakan cara yang lebih bijak.

"Sering kita mengemudi dalam keadaan tidak sadar. Itu manusiawi. Ketika sudah melakukan aktivitas sering, maka tingkat kewaspadaan menurun. Beristirahat sejenak tentu lebih baik daripada memaksakan diri," kata Jusri kepada KompasOtomotif, Jumat (22/12/2017).

Baca juga : Berkendara Saat Lelah Sama Bahayanya dengan Mabuk

Menurut Jusri, pada dasarnya mengemudi membutuhkan dua hal, yakni keterampilan dan kondisi fit. Setrampil apapun keahlian mengemudi tanpa dibarengi kondisi tubuh yang fit, maka berpotensi membuat pengemudi kurang awas.

"Kalau dia terampil tapi dia tidak sadar, tidak baik juga. Seharusnya terampil dan penuh kesadaran," ujar Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.