Teknik Cat Hilangkan Lecet di Bodi Mobil

Kompas.com - 22/12/2017, 13:02 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Depok, KompasOtomotif - Lecet pada body mobil atau baret disebut merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil yang digunakan saat berlibur. Selaku main diler Toyota, Auto2000 menyatakan laporan mengenai body mobil yang lecet biasanya cenderung naik setelah musim liburan.

Baca juga : Masalah yang Kerap Terjadi saat Mobil Dipakai Berlibur

Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City, Deni Andrian mengatakan, cara untuk menghilangkan lecet adalah ditimpa dengan cat baru. Namun hal ini harus dilakukan dengan cara yang tepat. Dalam arti, warna cat baru harus bisa menyesuaikan dengan warna pada body mobil secara keseluruhan.

Jika tidak dilakukan dengan benar, maka bekas lecet akan tetap terlihat walaupun sudah ditutup oleh cat. Sebab acapkali terjadi, cat baru yang menutupi bekas lecet memiliki warna yang lebih cerah dibanding warna pada bodi mobil secara keseluruhan.

Diler Auto2000 di Grand Depok City yang baru saja diresmikan pada Jumat (17/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Diler Auto2000 di Grand Depok City yang baru saja diresmikan pada Jumat (17/11/2017).

Khusus untuk mobil Toyota, Deni menyarankan agar pemilik mobil yang mengalami baret untuk melakukan cat ulang di bengkel-bengkel resmi, contohnya seperti di jaringan bengkel Auto2000. Selain menggunakan cat asli, Deni menyebut pola pengecetan ulang juga menggunakan bantuan alat khusus.

Dengan cara ini, cat baru yang nantinya ditempelkan ke bodi mobil untuk menutupi bekas lecet, akan terlihat sama dengan cat yang sudah ada. Kecocokan warna cat akan ditandai dengan sinyal hijau yang terpasang pada alat tersebut.

Baca juga : Berapa Sih Harga Poles Kaca Mobil yang Baret?

"Akan dicocokan terus polanya dari 0,0 sekian sampai warna lampunya menyala hijau. Kalau sudah hijau, baru dicat. Jadi warna di bekas baretnya itu nantinya tidak akan kelihatan seperti habis dicat," kata Deni saat ditemui KompasOtomotif pada Kamis (21/12/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.