Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Ragu, Motor Apa Saja Bisa Dimodifikasi

Kompas.com - 16/11/2017, 14:31 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


Depok, KompasOtomotif - Mengubah tampilan sepeda motor dengan cara modifikasi sebenarnya bisa dilakukan, apapun jenis dan tipernya. Namun, hal ini ternyata masih belum banyak diketahui oleh para pemilik kendaraan. Mereka ragu untuk memodifikasi, karena mengira motornya tidak akan bisa diubah.

Rabu (15/11/2017), KompasOtomotif berkeliling ke sejumlah bengkel-bengkel custom yang ada di Depok, dari mulai bengkel yang melayani modifikasi bertema custom culture hingga yang mengusung konsep trail.

Sejumlah motor hasil modifikasi di bengkel custom Garasi 689, Depok.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sejumlah motor hasil modifikasi di bengkel custom Garasi 689, Depok.

Seluruh pemilik bengkel custom menyatakan tidak membatasi jenis sepeda motor tertentu. Seperti bengkel Clacustique yang melayani modifikasi bertema custom culture.

Baca juga : Solusi Buat Motor yang Sudah Jelek dan Tua

Menurut pemilik bengkel, Maiyudi, konsumen bebas untuk memasukan motor apapun ke bengkelnya, termasuk skutik dan bebek. Namun, untuk jenis bebek dan skutik, ia mengakui pilihan ubahannya relatif terbatas.

Seperti matic yang biasanya hanya bisa diubah menjadi model low rider. "Dulu kan sempat ramai matic-matic low rider dengan ban gambot, kita turutin saja," ucap pria yang akrab disapa Negro ini.

Sebuah motor hasil modifikasi di bengkel custom Garasi 689, Depok.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sebuah motor hasil modifikasi di bengkel custom Garasi 689, Depok.

Seperti Clacustique, bengkel Garasi 689 yang mengusung modifikasi berkonsep trail juga menerima pesanan motor jenis apapun.

Menurut pemilik bengkel, Cece Suharja, bengkelnya dapat memodifikasi jenis motor apapun menjadi motor trail. Walaupun ia mengakui bentuk terbaik hasil modifikasi trail biasanya adalah motor berbasis sport.

"Matic juga bisa. Tapi lebih bagus yang sport, seperti Tiger, Scorpio," kata Cece.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com