Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini Saat Mobil Sedang Cuci Robot

Kompas.com - 08/11/2017, 11:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Cuci robot adalah istilah yang digunakan dalam layanan cuci mobil yang menggunakan mesin khusus. Mesin ini terdiri atas beberapa penyemprot air bertekanan tinggi dan blower.

Dalam layanan cuci robot, pemilik mobil tidak harus keluar dari mobilnya saat proses pembersihan.

Pada Selasa (7/11/2017), KompasOtomotif mendatangi dua bengkel di Jalan Margonda, Depok yang menyediakan layanan jasa cuci robot, yakni Wijaya Motor dan Mutiara Ban.

Dari peringatan yang dipasang di kedua tempat tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil saat kendaraannya mulai masuk ruang pembersihan, meliputi:

- Transmisi netral
- Jangan menginjak rem dan gas
- Jangan menarik rem tangan
- Matikan radio
- Melipat spion

Salah satu layanan cuci mobil dengan tenaga robot atau robotic car wash yang ada di Jalan Margonda, Depok, Selasa (7/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu layanan cuci mobil dengan tenaga robot atau robotic car wash yang ada di Jalan Margonda, Depok, Selasa (7/11/2017).

Meski sudah menggunakan mesin khusus, layanan jasa cuci robot tetap menggunakan tenaga manusia. Sebab masih ada beberapa pengerjaan yang harus dikerjakan secara manual.

Dalam proses cuci robot di Wijaya Motor, tenaga manusia tampak digunakan saat pembersihan tahap awal, atau sebelum mobil masuk ke ruang pembersihan. Selain itu, tenaga manusia juga digunakan saat proses pengeringan setelah mobil keluar dari ruang pembersihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com