Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tikungan “Maut” Sirkuit Barcelona, Bakal Digunakan Lagi

Kompas.com - 01/10/2017, 09:24 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Aragon, KompasOtomotif  - Tikungan maut sikuit Barcelona (Catalunya) yang memakan korban pada 2016 lalu, rencananya akan dibuka kembali untuk musim 2018. Ini seiring dengan renovasi yang akan dilakukan pengelola sirkuit.

Mengutip Motorsport, Sabtu (30/9/2017) aktivasi kembali tikungan 12 tersebut, sudah mendapat sambutan positif, dari pebalap yang diikutsertakan dalam diskusi yang diinisiasi Safety Commission MotoGP.

Pasca-meninggalnya Luis Salom pembalap Moto2, membuat jalur trek MotoGP diubah ke pola milik Formula 1 untuk tahun ini, yang memotong tikungan maut tersebut. Sempat dibuatkan tikungan baru, tapi tidak diminati oleh para pebalap MotoGP.

Rencana pastinya akan diumumkan tahun ini, di mana akan ditunjang dengan modifikasi pada area run-off yang menjadi lebih lebar, dan pengaspalan ulang agar grip menjadi semakin baik. Harapannya, tentu akan semakin aman bagi pebalap.

Baca juga : Sirkuit Barcelona Resmi akan Direnovasi

Sebelumnya, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sempat mengultimatum pihak pengelola sirkuit, jika tidak melakukan renovasi atau perbaikan trek, akan ditendang dari kalendar MotoGP 2018.

“Tanggapan para pebalap-pebalap sangat positif dan pekerjaan yang dilakukan sangat bagus. Sirkuit Montmelo (Barcelona) telah berubah menjadi lebih baik," ujar pebalap Yamaha Maverick Vinales.

Pebalap Ducati Jorge Lorenzo sependapat, kalau tanggapan para pembalap sangat bagus. “Kami semua hanya ingin menjaga tata letak aslinya, dan meningkatkan area run-off, dan seperti itulah jadinya,” ujar Lorenzo.

Layout baru trek MotoGP sirkuit Barcelona-Catalunya 2017.Motorsport.com Layout baru trek MotoGP sirkuit Barcelona-Catalunya 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com