Tikungan “Maut” Sirkuit Barcelona, Bakal Digunakan Lagi

Kompas.com - 01/10/2017, 09:24 WIB
Para pebalap MotoGP dan Dorna melihat lokasi kecelakaan pebalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom, di tikungan 12 Sirkuit de Barcelona-Catalunya. Salom terjatuh ketika menjalani sesi latihan bebas kedua GP Catalunya, Jumat (3/6/2016). JOSEP LAGO/AFPPara pebalap MotoGP dan Dorna melihat lokasi kecelakaan pebalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom, di tikungan 12 Sirkuit de Barcelona-Catalunya. Salom terjatuh ketika menjalani sesi latihan bebas kedua GP Catalunya, Jumat (3/6/2016).
|
EditorAgung Kurniawan

Aragon, KompasOtomotif  - Tikungan maut sikuit Barcelona (Catalunya) yang memakan korban pada 2016 lalu, rencananya akan dibuka kembali untuk musim 2018. Ini seiring dengan renovasi yang akan dilakukan pengelola sirkuit.

Mengutip Motorsport, Sabtu (30/9/2017) aktivasi kembali tikungan 12 tersebut, sudah mendapat sambutan positif, dari pebalap yang diikutsertakan dalam diskusi yang diinisiasi Safety Commission MotoGP.

Pasca-meninggalnya Luis Salom pembalap Moto2, membuat jalur trek MotoGP diubah ke pola milik Formula 1 untuk tahun ini, yang memotong tikungan maut tersebut. Sempat dibuatkan tikungan baru, tapi tidak diminati oleh para pebalap MotoGP.

Rencana pastinya akan diumumkan tahun ini, di mana akan ditunjang dengan modifikasi pada area run-off yang menjadi lebih lebar, dan pengaspalan ulang agar grip menjadi semakin baik. Harapannya, tentu akan semakin aman bagi pebalap.

Baca juga : Sirkuit Barcelona Resmi akan Direnovasi

Sebelumnya, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sempat mengultimatum pihak pengelola sirkuit, jika tidak melakukan renovasi atau perbaikan trek, akan ditendang dari kalendar MotoGP 2018.

“Tanggapan para pebalap-pebalap sangat positif dan pekerjaan yang dilakukan sangat bagus. Sirkuit Montmelo (Barcelona) telah berubah menjadi lebih baik," ujar pebalap Yamaha Maverick Vinales.

Pebalap Ducati Jorge Lorenzo sependapat, kalau tanggapan para pembalap sangat bagus. “Kami semua hanya ingin menjaga tata letak aslinya, dan meningkatkan area run-off, dan seperti itulah jadinya,” ujar Lorenzo.

Layout baru trek MotoGP sirkuit Barcelona-Catalunya 2017.Motorsport.com Layout baru trek MotoGP sirkuit Barcelona-Catalunya 2017.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X