Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2017, 07:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Secara signifikan, Jazz facelift dan CR-V Turbo menopang penjualan bulanan Honda di Indonesia. Data terakhir, Juli 2017, total mobil yang dikirim ke diler mencapai 12.677 unit, naik 43 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang bertahan di angka 8.843 unit.

All New CR-V Turbo terjual 2.555 unit pada Juli 2017. Bandingkan dengan bulan sebelumnya yang masih berkutat di angka 258 unit. Model ini pun menyumbangkan penjualan total tahunan 4.022 unit dengan market share sebesar 11 persen di segmen SUV.

Sementara Jazz menyumbang penjualan 1.112 unit, meningkat dari bulan sebelumnya yang tercatat 369 unit dan telah meraih total penjualan sebesar 8.919 unit, serta menjadi market leader di segmen hatchback dengan market share sebesar 47 persen.

Dari data itu, efek dari model baru kedua model sangat kentara terhadap penjualan. Total, sejak Januari hingga Juli 2017, Honda membukukan penjualan 105.938 unit dengan market share yang mencapai 17 persen.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengakui, bahwa penjualan Honda pada Juli 2017 mengalami peningkatan karena didukung kenaikan penjualan dari berbagai produk Honda, terutama dari produk-produk baru.

New Honda Jazz yang baru saja mendapat penyegaran (26/7/2017).Istimewa New Honda Jazz yang baru saja mendapat penyegaran (26/7/2017).
”All New CR-V Turbo dan Jazz facelift naik signifikan. Kami berharap dengan hadirnya beragam produk baru yang kami tawarkan mampu memperkuat pasar Honda di berbagai segmen otomotif di Indonesia,” kata Jonfis dalam siaran resmi (18/8/2017).

Model Lain
Model lain, Civic Hatchback Turbo, terjual 249 unit, dan secara total telah meraih penjualan total tahunan 566 unit dengan market share sebesar 3 persen di pasar hatchback keseluruhan.

HR-V 1.5L terjual 1.615 unit, total tahunan 20.709 unit dan menjadi market leader di segmen LSUV dengan market share 35 persen. Pada segmen yang sama, BR-V membukukan 590 unit dan total tahunan 12.567 unit, market share 21 persen. BR-V menurun drastis dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Sementara HR-V 1.8L terjual 416 unit, meningkat dari bulan sebelumnya tercatat 313 unit dan meraih total tahunan 3.648 unit dengan market share 10 persen di segmen SUV.

Mobilio? Tertahan 739 unit dengan penjualan total 23.824 unit, market share 17 persen di segmen LMPV. Jumlah penjualan bulanan model ini juga sama dengan BR-V, terburuk sepanjang tahun dari rata-rata sebelumnya yang mencapai 3.500-an unit sebulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.