Mengintip "Omotenashi" pada Kabin Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 14/08/2017, 08:23 WIB
Kabin Xpander Stanly/KompasOtomotifKabin Xpander
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif - Xpander yang menjadi "mainan baru" Mitsubishi akhirnya resmi mengaspal. Di balik desain yang futuristik, keunggulan lain yang ditawarkan adalah tingkat kenyamanan kabin yang diklaim tidak akan ditemui pada MPV "sejuta umat" milik kompetitor.

Corporate Vice President Design Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Tsunehiro Kunimoto, menjelaskan, pengembangan struktur desain dan layout interior mengaplikasi dari sebuah filosofi Jepang, yakni "Omotenashi".

Baca : Xpander Rasa Nissan Sebentar Lagi

"Ada ungkapan dalam bahasa Jepang yang biasa kami sebut Omotenashi, maknanya adalah keramahan atau juga berarti untuk memuaskan tamu. Filosofi itu kita terapkan pada interior Xpander yang saat ini siap memuaskan keluarga Indonesia," kata Kunimoto dalam seremoni debut perdana Xpander di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2017).

Mitsubishi pakai filosofi Omotenashi pada kabin XpanderStanly/KompasOtomotif Mitsubishi pakai filosofi Omotenashi pada kabin Xpander

Kunimoto menjelaskan, kenyamanan kabin Xpander dibuat sesuai permintaan pasar Indonesia yang mengingingkan sebuah MPV benar-benar mempu menampung dan memberikan kenyamana tujuh penumpang. Mulai dari baris pertama, kedua, dan ketika didesain mempertimbangkan semua kategori penumpang, baik dari anak-anak hingga dewasa.

Desain kabin pada dasbor menurut Kunimoto dibuat melengkung layaknya kepompong. Agar terlihat mewah, panel kayu juga diletakan bersama dengan ornamen lain.

Desain kabin gunakan model kepompong dan dihias panel kayu.Stanly/KompasOtomotif Desain kabin gunakan model kepompong dan dihias panel kayu.
Sisi ergonomis untuk pengendara benar-benar ditonjolkan dengan ragam tombol fungsi pada gagang kemudi, sedangkan untuk memberikan kenyamana lebih, Xpander juga dilengkapi dengan banyak kompartemen untuk meletakan botol minuman.

Baca : Xpander  Termurah Rp 189 Jutaan, Dapat Apa Saja?

"Mobil ini punya konsol tengah yang tinggi dan lebar serta peralatan elektronik, power outlet pada setiap baris bersama kompartemen botol. Kami ingin membuat para konsumen merasakah seperti di rumah saat berada di dalam kabin Xpander," kata Kunimoto.

Suasana baris ketiga pada XpanderStanly/KompasOtomotif Suasana baris ketiga pada Xpander

Total, Xpander memiliki 19 titik kompartemen baik untuk meletakan botol minuman atau penyimpanan barang. Sedangkan untuk legroom antar baris juga cukup persisi.

Sementara untuk konfigurasi jok bisa diatur dalam enam varian sesuai kebutuhan, bahkan bangku bisa dilipat hinga rata dengan lantai. Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan Xpander yang lahir menggunakan penggerak depan.

Kompartemen belakang Xpander bisa difungsikan untuk meletakan barang bawaanStanly/KompasOtomotif Kompartemen belakang Xpander bisa difungsikan untuk meletakan barang bawaan

Bukan hanya kenyamanan saat duduk, ketika berkendara penumpang juga diklaim akan dimanjakan dengan kabin yang senyap berkat peredam dan penggunaan material yang berkualitas. Pendingin udara juga dibuat untuk memberikan kesejukan maksimal melalui delapan mode pengaturan di kursi bagian depan dan empat di baris kedua.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X