Komunitas Biker Razia “Geng Motor” Bolehkah?

Kompas.com - 20/06/2017, 15:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Berbeda dengan pengguna biasa, biker yang tergabung dalam komunitas resmi biasanya memiliki bekal cukup soal safety riding dan tata cara berkendaara benar. Bahkan, perkumpulan ini juga kerap dirangkul pihak Korlantas untuk kampanye keselamatan di jalan raya.

Meski begitu, bukan berarti teman-teman komunitas bisa bertindak tanpa sepengetahuan pihak kepolisian, seperti salah satunya razia geng motor yang selama ini meresahkan pengguna jalan. Kemunculan geng motor itu juga dianggap merusak citra club-club sepeda motor yang punya status resmi dan terdaftar.

“Terkait dengan geng motor, teman-teman komunitas tidak bisa melakukan sweeping sendirian. Sebaiknya dikembalikan kepihak yang berwajib. Jika memang ingin ikut andil, sebaiknya berkoodinasi dengan kepolisian setempat,” ujar Jaya AKP Enny Setyowaty, Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Lalulintas (Kanit Dikyasa) Polda Metro saat ditanyakan pada acara Kumpul Komunitas Otomania (KKO), Sabtu (17/6/2017).

Jangan Menegur

Enny mengimbau juga kepada komunitas, untuk jangan memarahi atau menegur begitu saja, para biker yang melakukan pelanggaran di jalan, seperti penggunaan lampu belakang bewarna putih yang bisa menyilaukan pengendara di belakangnya, atau soal penyimpangan lainnya.

“Serahkan semua ke pada Kepolisian. Ada cara lain yang bisa dilakukan juga, seperti melaporkan kepada petugas yang ada di sekitar atau ditemui di jalan, atau foto sepeda motor yang melakukan pelanggaran, lalu diunggah ke media sosial NTMC Polri,” kata Enny.

Intinya tentu saja, wewenang untuk melakukan peneguran dan penindakan terhadap pelanggar di jalan adalah milik kepolisian. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.