Kompas.com - 14/06/2017, 13:08 WIB
Keseruan Datsun Risers Challenge 2017 Makassar Otomania/Setyo AdiKeseruan Datsun Risers Challenge 2017 Makassar
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Setahun terakhir, Datsun seperti tak berdaya menghadapi gempuran duet LCGC baru, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Konsumen dan penggemar pun menunggu reaksi merek legendaris itu, dan ternyata belum ada pergerakan.

Kelihatannya sekilas, respons Datsun Indonesia cukup lambat untuk membalikkan keadaan. Tapi sebenarnya, tidak bisa dipandang demikian. Semua ini kembali lagi karena masalah timing.

Sebelum ada duet Calya-Sigra, setahun lalu, Datsun menjadi satu-satunya LCGC yang menawarkan tujuh kursi. Kebetulan, Grup Astra datang di saat yang pas, dan tiba-tiba berada di depan Datsun.

”Setiap produk ada timing masing-masing. Tidak bisa instan besok ada menu baru. Persiapan mobil itu panjang, butuh R&D matang, melibatkan banyak departemen, investasi, dan sumber daya,” kata Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja, (12/6/2017).

Secara timing, imbuh Indri, pihaknya sudah punya milestone yang tergariskan. Artinya, ada saat Datsun menyerang balik. Model bertransmisi otomatis dan crossover murah Go-Cross bisa jadi jawabannya.

”Sungguh disayangkan kita tidak bisa hadir lebih cepat. Tapi menurut saya, pasar Indonesia nggak kehabisan konsumen. Baru 1 juta (pasar otomotif) dari 250 juta penduduk. Let’s say 20 persen produktif, berarti 50 juta. Dari 50 juta, baru satu juta pasarnya. So, belum habis,” ujar Indri.

Lebih jauh, Indri menjelaskan bahwa potensi market otomotif di Indonesia itu hanya delapan persen saja yang terserap. Sisanya, alias 92 persen, belum tergarap. Artinya, pasar mobil Tanah Air masih sangat gurih untuk diselami.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.