Ransomware Wannacry Menyerang Nissan dan Renault

Kompas.com - 16/05/2017, 13:37 WIB
Pabrik Nissan Sunderland, Inggris. infinitipress.euPabrik Nissan Sunderland, Inggris.
|
EditorAgung Kurniawan

Sunderland, KompasOtomotif – Fasilitas produksi Nissan Inggris di Sunderland, serta beberapa pabrik milik Renault, dilaporkan telah terkena imbas dari serangan cyber global. Kondisi darurat ini telah melanda lebih dari 100 negara dalam beberapa hari ini.

Mengutip Carscoops, Selasa (16/5/2017) pihak Renault mengumumkan bahwa pabriknya di Sandouville, Barat Laut Prancis, terpaksa menghentikan produksi dalam upaya mencegah penyebaran serangan, yang menimpa sistem komputer pembuat mobil.

Baca juga : Pemimpin Dunia Bersatu Lawan Virus Ransomware dan Wannacry

Selain itu, mitra aliansi Renault, Nissan, juga dilanda serangan serupa di fasilitas Sunderland-nya, yang harus menerima dampak negatif pada produksi mobil-mobilnya termasuk Nissan Qashqai dan Infiniti Q30.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Renault Inggris mengatakan, Grup Renault mengkonfirmasi kalau itu murni karena serangan cyber global yang dimulai pada hari Jumat 12 Mei 2017, yang terdiri dari virus Ransomware.

Baca juga : Heboh Ransomwara Wannacry, Apa Itu?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tindakan proaktif segera diambil, untuk menghentikan penyebaran Virus dan melindungi aliansi kami. Diagnosis penuh sedang berlangsung, demi menerapkan solusi yang tepat untuk melanjutkan operasi di fasilitas kami," ujar pihak Renault.

Serangan cyber kali ini, disebut-sebut sebagai yang terbesar dari jenisnya dalam sejarah, di mana menginfeksi komputer dengan “ransomware” yang mengunci semua file di komputer dan meminta uang tebusan dibayar sebelum mereka dibuka.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X