Gesits : Jepang Jangan “Serakah”

Kompas.com - 20/03/2017, 19:24 WIB
Gesits Vs Vario 125. IstimewaGesits Vs Vario 125.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif -  Pasar sepeda motor di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia, setiap tahunnya ada sekitar 6 juta unit terjual. Namun, hampir 100 persen masih mengadopsi teknologi mesin konvensional, yang menyumbang polusi udara.

Menambahkan pernyataan tersebut, Harun Sjech, Chief Sales Officer Garansindo Group yang ikut andil dalam pengembangan skuter listrik Gesits, dari seluruh sepeda motor yang terjual, hampir nol persen dimiliki oleh masyarakat Indonesia, baik berupa merek ataupun patennya.

“Itu sedkit latar belakang mengapa kami menghadirkan Gesits, berteknologi listrik, ramah lingkungan dan dengan segala kelebihan lainnya dibanding konvensional. Lebih dari itu, ini juga karya anak bangsa,” ujar Harun saat ditemui seusai acara Forum Inovasi Industri Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, di Jakarta, Senin (20/3/2017).

Muhammad Nur, Kepala Proyek Gesits menambahkan, kalau merek asing tidak perlu menghawatirkan keberadaan Gesits. Karena produk ini hanya menargetkan pasar yang kecil untuk market domestik, dan sekitar 100.000 sampai 200.000 setahun.

“Akan terlalu serakah mereka kalau berniat membunuh sepeda motor listrik, marilah kita join saja. Lagipula dengan kami masuk di listrik, toh kami makan porsi mereka hanya sedikit, sekitar 200.000 unit dibanding jutaan unit,” ujar Nur.

Nur menambahkan, bahkan dengan Gesits, masyarakat juga menjadi teredukasi. Jadi ketika pihak asing siap untuk ikut di segmen motor listrik,  pasarnya sudah terbentuk.

“Harusnya mereka berterima kasih kepada kami. Mereka juga tidak perlu membuang biaya riset, tinggal cemplungin saja produknya ke pasar, dan head-to-head, siapa yang paling banyak disukai masyarakat, sederhana, dan jadi banyak pemainnya,” ujar Nur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.