Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik Gesits, Semakin Dekat dengan Produksi

Kompas.com - 20/03/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Calon skuter listrik bermerek nasional pertama garapan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), kabarnya didengar terakhir pada Desember 2016 lalu. Bagaimana kelanjutannya saat ini?

Muhammad Nur, Kepala Proyek Gesits mengatakan, kalau saat ini Gesits sudah masuk dalam tahap menuju produksi massal. Di mana pihaknya sedang melengkapi calon pemasok dan membentuk supply chain untuk produk Gesits.

“Ada beberapa pihak yang sedang melakukan pembicaraan dengan kami, terutama untuk skema bisnis Gesits seperti apa. Senin ini, kami akan memaparkan update progress Gesits di Kemenristekdikti, dalam acara penandatanganan penelitian dan implementasi teaching industry Gesits,” ujar Nur kepada KompasOtomotif, Minggu (19/3/2017).

Nur melanjutkan, selain itu persiapan juga dilakukan untuk pabrik Gesits, yang lokasinya kemungkinan besar berada di wilayah Jakarta. Namun Nur masih belum memberikan data secara detail terkait informasi mengenai pabriknya.

“Kandidat pabrik ada di sekitar Jakarta. Sementara di Jawa Timur, akan kami siapkan sebagai basis pengembangan teknologi kendaraan listrik, termasuk di dalamnya produk skuter listrik Gesits ini,” tutur Nur.

Sebelumnya, pada Desember 2016 lalu, Garansindo mengajak 59 pemasok komponen mendiskusikan kemungkinan kerja sama. Sebagain pengusaha ada yang tertarik dan merasa mampu memproduksi komponen rangka Gesits, dan sisanya siap untuk menggarap komponen aksesori. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com