Skuter Listrik Gesits, Semakin Dekat dengan Produksi

Kompas.com - 20/03/2017, 08:02 WIB
Gesits siap menjelajah Jakarta sampai Bali, atau kurang lebih sepanjang 1.200 km. Ghulam/KompasOtomotif Gesits siap menjelajah Jakarta sampai Bali, atau kurang lebih sepanjang 1.200 km.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Calon skuter listrik bermerek nasional pertama garapan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), kabarnya didengar terakhir pada Desember 2016 lalu. Bagaimana kelanjutannya saat ini?

Muhammad Nur, Kepala Proyek Gesits mengatakan, kalau saat ini Gesits sudah masuk dalam tahap menuju produksi massal. Di mana pihaknya sedang melengkapi calon pemasok dan membentuk supply chain untuk produk Gesits.

“Ada beberapa pihak yang sedang melakukan pembicaraan dengan kami, terutama untuk skema bisnis Gesits seperti apa. Senin ini, kami akan memaparkan update progress Gesits di Kemenristekdikti, dalam acara penandatanganan penelitian dan implementasi teaching industry Gesits,” ujar Nur kepada KompasOtomotif, Minggu (19/3/2017).

Nur melanjutkan, selain itu persiapan juga dilakukan untuk pabrik Gesits, yang lokasinya kemungkinan besar berada di wilayah Jakarta. Namun Nur masih belum memberikan data secara detail terkait informasi mengenai pabriknya.

“Kandidat pabrik ada di sekitar Jakarta. Sementara di Jawa Timur, akan kami siapkan sebagai basis pengembangan teknologi kendaraan listrik, termasuk di dalamnya produk skuter listrik Gesits ini,” tutur Nur.

Sebelumnya, pada Desember 2016 lalu, Garansindo mengajak 59 pemasok komponen mendiskusikan kemungkinan kerja sama. Sebagain pengusaha ada yang tertarik dan merasa mampu memproduksi komponen rangka Gesits, dan sisanya siap untuk menggarap komponen aksesori. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.