MotoGP Bakal Punya Balap Motor Listrik

Kompas.com - 15/03/2017, 13:46 WIB
Balap motor listrik akan direalisasikan Dorna Sport untuk menjadi balapan pendukung MotoGP. AsphaltandrubberBalap motor listrik akan direalisasikan Dorna Sport untuk menjadi balapan pendukung MotoGP.
|
EditorAgung Kurniawan

Jerez, KompasOtomotif – Carmelo Ezpeleta, bos Dorna Sport, penyelenggara MotoGP, membuat pernyataan mengejutkan. Dalam waktu dua tahun, akan ada balap motor listrik dalam rangkaian balap MotoGP.

Ajang ini akan dijadikan sebagai balap pendamping atau biasa disebut supporting class untuk menambah riuh sirkus MotoGP, Moto2, dan Moto3.

”Kami akan melakukannya segera, dan ini benar-benar menjadi balap ramah lingkungan, tapi bukan sebagai kejuaraan dunia,” kata Ezpeleta kepada media di Spanyol, belum lama ini.

Dorna menargetkan balapan motor listrik berlangsung selama lima seri. Keberadaannya meneruskan kejuaraan FIM e-Power yang sudah lama mati, meski dengan format yang tak sama.

Setiap seri hanya akan ditempuh dalam 10 lap, karena motor listrik beda dengan mesin konvensional. Kecepatan tidak dibatasi, tapi disinyalir bisa mencapai 200 kpj.

”Ide kami, memberikan motor kepada tim independen di MotoGP untuk berlaga dalam kejuaraan ini. Kami punya 14 tim independen MotoGP, yang berarti akan ada 14 motor. Kami ingin ada 18 motor dalam grid. Jadi 4 sisanya akan diberikan untuk tim terbaik Moto2 dan ditunggangi pebalap mereka kalau ingin berpartisipasi,” kata Ezpeleta.

Saat ini, Dorna Sports sedang bernegosiasi dengan beberapa perusahaan berbasis tenaga listrik untuk menyediakan semacam stasiun pengisian pada sirkuit. Di sinilah, motor-motor listrik akan mengisi baterai jelang balapan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X