Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasat Yamaha Akali Lesunya Penjualan

Kompas.com - 02/03/2017, 10:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak bisa pungkiri bahwa pasar sepeda motor di Indonesia masih kurang darah. Siasat baru pun dijalankan, salah satunya dengan menggenjot penjualan fleet alias borongan.

Memasuki bulan kedua tahun ini, YIMM langsung menjalin kerjasama dengan dua pihak. Pertama, bersama dengan Bank Panin untuk menggelontor MAXI Scooter NMAX. Model ini memang tak kurang peminat, tapi kerjasama dalam bentuk lain diyakini akan mendongkrak citra merek.

1.040 unit NMAX disiapkan jadi hadiah untuk program Tabungan Panin Super Bonanza 2017. Program undian hadiah berlangsung mulai dari Maret 2017 hingga Februari 2018.

”NMAX dengan segala keunggulannya sangat tepat dijadikan hadiah, karena menjadi motor yang saat ini sangat disukai konsumen,” kata M Abidin, GM Aftersales and Public Relations YIMM.

Paling baru, YIMM menggandeng banyak pihak untuk menyokong kendaraan para mitra GrabBike. Program ini berupa pemberian kemudahan dan keuntungan lebih ketika pengemudi Grab beli motor Yamaha di jaringan diler Putera Group yang tersebar di Jabodetabek dan Serang.

Presiden Direktur Putera Group, Suyono, menyatakan bahwa saat ini driver GrabBike tembus 10.000 orang. Memang tak mungkin meminta semua mitra Grab itu ganti motor, karenanya Putra Group hanya membidik 250 unit motor terjual buat pengemudi Grab per bulan.

Sementara itu, Direktur Penjualan YIMM, Sutarya, menjelaskan bahwa kehadiran banyak operator ojek online cukup membantu di saat permintaan pasar sedang lesu.

”Konsumsi dan daya beli masyarakat yang menurun terhadap produk otomotif, pasar fleet menjadi incaran pabrikan dan perusahaan leasing. Kami akan mulai konsentrasi di sektor ini,” kata Sutarya, dalam konferensi pers kerjasama Yamaha-Grab, Rabu, (1/3/2017), di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com