Tren "Ban Irit BBM" Dunlop Telat Menggelinding?

Kompas.com - 08/02/2017, 19:07 WIB
Direksi Dunlop bersama model andalan, Enasave EC300  di Sirkuit Sentul, Bogor, Jabar, Rabu (8/2/2017). Donny Apriliananda/KompasOtomotifDireksi Dunlop bersama model andalan, Enasave EC300 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jabar, Rabu (8/2/2017).
|
EditorAgung Kurniawan


Sentul, KompasOtomotif - Ketika merek lain sudah ramai-ramai menggelindingkan produk ban ramah lingkungan (eco tyre), Dunlop baru siap meluncurkan resmi produk mereka, Enasave EC300+, Maret 2017 mendatang. Agak tertinggal, namun merek ban asal Jepang itu tetap optimistis.

Seperti diketahui, merek-merek besar sudah main duluan, seperti Bridgestone dengan Ecopia, atau GT Radial dengan Champiro Eco. Dunlop Enasave EC300+ seolah-olah jadi pengekor, meski tak beitu jauh tertinggal.

Hendra Himawan GM Sales Planning and Administration PT Summi Rubber Indonesia, dalam kegiatan tes Dunlop Enasave EC300+ di Sirkuit Sentul, Bogor, Rabu (8/2/2017), mengatakan bahwa sebenarnya Dunlop tak terlambat, karena produk sudah meluncur lama.

"EC300 sudah 2 tahun mengisi pasar OEM mobil-mobil kecil. Lalu EC300+ mulai dipakai setahun yang lalu. Tahun ini, kami menambah ukuran untuk masuk di pasar aftermarket atau replacement," kata Hendra.

Dijelaskan kembali bahwa peluncuran yang baru dilakukan Maret 2017 mendatang hanyalah soal pengaturan waktu. Sebab, kata Hendra, tahun lalu juga bersamaan mengeluarkan produk baru. Memisahkan jarak peluncuran diharapkan tak membuat bingung konsumen.

"Setiap tahun kami lakukan survei, bagaimana demand terhadap ban ramah lingkungan. Jadi kita melihat, klaim eco tyre, namun tidak ada standarisasi dan ketentuan," ujar Hendra.

Hendra juga menyatakan optimismenya, bahwa tren saat ini, juga di seluruh dunia, ban-ban jenis ramah lingkungan akan semakin banyak dipakai. Dunlop sama sekali tidak terlambat, karena ke depan, isu ramah lingkungan bakal semakin deras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.