Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roda Gemuk Jadi Tren Modifikasi Tahun ini

Kompas.com - 18/12/2016, 15:16 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penampilan mobil dengan ban tipis pada pelek besar belakangan ini mulai berkurang. Tren yang terjadi tahun ini, pemodifikasi menyukai gaya ban gemuk atau bahasa gaulnya, meaty. Aplikasinya terlihat jelas di kontes modifikasi Datsun Xplore Your Style 2016 regional Jakarta.

Hampir semua peserta memilih meaty untuk sektor kaki-kaki. Gambaran keseluruhan, desain mobil jadi terlihat gemuk atau penuh isi.

Febri Ardani/KompasOtomotif Lagi tren tahun ini, ban tebal pada pelek besar
Pada kontes-kontes modifikasi tahun lalu, pelek "gambot" dengan ban tipis masih jadi primadona. Cara ini merupakan strategi bikin kuat nuansa elegan. Konsep meaty mulai laris setelah desain kit bodi rocket bunny yang mengekspos roda membahana di Indonesia.

“Tren ini menggunakan ketebalan ban untuk memilih gaya. Ban yang dipakai sekarang sudah enggak yang ditarik lagi, cenderungnya ke penampakan tebal. Lebih cocok ke gaya street” kata Andre Mulyadi dari Signal Kustom, Jumat (16/12/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Pelek besar dengan ban tebal lagi tren tahun ini
Menurut Andre, khas meaty sudah terlihat ramai di Speciality Equipment Market Association (SEMA) tahun lalu. Namun baru sampai ke Indonesia pada awal tahun ini.

Di SEMA 2016, trennya berlanjut ke hiasan di dinding ban. Banyak modifikasi yang bisa dilakukan, misalnya menggambar seni di ban tebal yang punya permukaan luas. Bahkan, kata Andre, sudah ada eksebitor SEMA 2016 yang memakai teknik printing buat menghias ban. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com