Ingat, "Water Hammer" Musuh Alami Kendaraan Saat Banjir

Kompas.com - 14/12/2016, 13:00 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Hujan deras yang belakangan ini tiba-tiba mengguyur bukan tidak mungkin bikin banjir atau setidaknya genangan tinggi. Buat kendaraan, banjir adalah musuh alami yang lebih baik dihindari daripada berspekulasi untuk dilewati.

Potensi berbahaya buat kendaraan saat banjir yaitu water hammer atau kondisi ketika air masuk ke ruang pembakaran di dalam mesin. Jalur masuk air paling memungkinkan dari saringan udara yang berada terlalu dekat dengan genangan air yang meninggi atau dari cipratan air.

Di dalam mesin air adalah zat tidak diinginkan. Piston bertugas mengompres bahan bakar dan udara, saat ada air gerakannya jadi terhambat. Gerakan komponen mekanis di dalam mesin punya energi kinetik yang sangat besar, saat pergerakan itu tidak sempurna karena air efeknya merusak.

Kerusakan karena water hammer yakni membengkokan setang piston yang akhirnya merusak komponen lainnya. Mesin pun mati mendadak. 

Dari rilis resmi yang diberikan Asuransi Astra – Garda oto, Kamis (8/12/2016), diterangkan, cara terbaik agar tidak mengalami water hammer yakni menghindari banjir. Solusi terbaik, putar balik lalu mencari jalan yang lebih baik.

Jika terpaksa melewati banjir, pastikan tinggi genangan air setidaknya 30 cm di bawah saringan udara agar tidak tersedot ke dalam mesin. Selain itu jaga putaran mesin tetap tinggi agar air tidak terhisap ke dalam knalpot.

“Jangan pernah memaksa atau sengaja menerjang genangan,” kata L. Iwan Pranoto, Head of Communication and Event Asuransi Astra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.