Kompas.com - 29/11/2016, 18:43 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

New Delhi, KompasOtomotifKawasaki dan Bajaj Auto segera mengakhiri ”masa-masa indah” saat dimulainya kerjasama beberapa tahun silam. Kabar mengejutkan ini dihembuskan salah satu media India, di mana waktu untuk berpisah sudah ditetapkan pada April 2017.

Jika memang demikian, pengaruhnya akan cukup banyak terhadap berbagai hal yang sudah berjalan saat ini. Misalnya, di India, motor-motor Kawasaki bakal tak bisa diservis dan dijual di jaringan diler KTM atau Bajaj Auto (saham KTM dibeli 47 persen oleh Bajaj Auto).

Kendati demikian, Kawasaki dilaporkan bakal tetap menggunakan fasilitas perakitan Bajaj Auto di Akurdi, India, untuk merakit sepeda motor di atas 650 cc.

Saat ini, alasan rencana cerai mereka belum bisa diketahui secara pasti. Namun analisa awal, kerjasama kedua belah pihak saat ini tak memberikan keuntungan signifikan. Bisa juga karena persaingan harga antara produk Kawasaki dan KTM yang cukup sengit.

Artinya, nanti, Kawasaki di India bakal mengembangkan jaringan sendiri yang saat ini masih sangat sedikit. Penjualan merek hijau-hijau itu selama ini memang disokong oleh diler KTM yang jumlahnya sudah lebih dari 160 outlet di seluruh India.

Indonesia
Kurang harmonisnya hubungan Kawasaki dan Bajaj Auto sendiri sudah tercium beberapa waktu lalu dari Indonesia. Tiba-tiba, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menggelontor habis Kawasaki-Bajaj Pulsar 200NS dengan diskon besar.

Langkah itu dilakukan agar segera menghabiskan stok, meski sebenarnya, KMI juga diuntungkan dari jasa servis dan penjualan suku cadang Bajaj. Kawasaki di Indonesia merasakan kurang adanya manfaat dari kerjasama ini.

Baca: Alasan Kawasaki Indonesia Tidak Mau Jual Bajaj Lagi

Kondisi itu seperti terbalik jika dibandingkan dengan India, di mana Kawasaki saat ini harus berdarah-darah jualan karena diler kabarnya tak sampai 20 outlet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Motorbeam


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.