Kompas.com - 29/11/2016, 15:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Dalam keadaan darurat, bagian keras headrest alias sandaran kepala mungkin saja dipakai buat memecahkan kaca atau guna lainnya sebagai tempat monitor tambahan penunjang hiburan penumpang mobil. Akan tetapi, fungsi utama sandaran kepala jauh lebih penting daripada itu, yaitu menyangga leher dan kepala agar tidak cedera.

“Fungsi headrest sebenarnya menahan beban leher pada saat terjadi benturan,” jelas Anjar Rosjadi, Techncal Service Executive Coordinator ADM, akhir pekan lalu.

Saat terjadi kecelakaan, daya dorong ke belakang bisa mengakibatkan leher cedera jika jok tanpa sandaran kepala. Cedera pada leher akibatnya sangat fatal, bisa cacat seumur hidup atau meninggal seketika.

“Kalau tidak ada sandaran kepala tulang leher bisa patah, Itu dari sisi keamanan. Kalau dari kenyamanan tentu bisa untuk sandaran kepala,” kata Anjar.

Sandaran kepala berfungsi optimal bersama perlengkapan keselamatan inti lain di dalam mobil yakni sabuk pengaman. Menggunakan sabuk pengaman berarti memosisikan tubuh menempel sempurna pada jok termasuk bagian leher tepat di depan sandaran kepala. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.