Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos R&D Mazda Bocorkan Rencana Mobil Listrik

Kompas.com - 18/11/2016, 06:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Mobil asal Jepang, Mazda, mulai membocorkan informasi mengenai mengenai model mobil listriknya (electric vehicle/EV). Kabar mengejutkan ini disampaikan langsung oleh Kiyoshi Fujiwara, Director and Senior Executive Officer Mazda yang bertanggung jawab untuk penelitian dan pengembangan (R&D).

Mengutip media Australia Motoring.com.au, yang berbincang langsung dengan Fujiwara, saat berjumpa di Los Angeles Auto Show, Kamis (17/11/2016), deretan mobil listriknya akan meluncur pada 2019. Lebih dari itu, Mazda juga akan menelurkan versi tambahan dengan bermesin rotary engine.

"Pada tahun 2020 pasti masih ada sekitar 90 persen sampai 95 persen mobil, yang masih menggunakan mesin pembakaran internal di seluruh dunia, tapi kami tentu akan perlu EV. Jadi tahun 2019, kami akan memperkenalkan EV di mana itu diperlukan," ujar Fujiwara.

Fujiwara juga mereferensikan peraturan di beberapa pasar seperti California, di mana EV akan menjadi "tiket masuk' untuk merek-merek mobil. Dirinya juga menyebutkan Norwegia dan China.

Terkait dengan model apa yang akan mengadopsi teknologi listrik, Fujiwara masih merahasiakannya. " Saat ini model adalah rahasia besar. Namun, pengembangan model produksi sudah baru saja dimulai," ucap Fujiwara.

Kerjasama

Kepala R&D  Mazda tersebut menyampaikan, kerjasamanya dengan Toyota tidak mengemudikan proyek ini, ataupun terkait spesifikasi teknis.

"Kami sedang mengembangkan sebuah sistem Mazda oleh diri kita sendiri. Namun, dalam hal komersialisasi, beberapa bagian harus dibagi bersama . Itu adalah titik diskusi kami (antara mitra)," ujar Fujiwara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com