Kompas.com - 02/11/2016, 08:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Sepang, KompasOtomotif - Gelontoran dana sekita 30 juta euro atau Rp 400 miliar sampai Rp 500 miliar, bakal dibebankan kepada investor yang jadi pemodal dalam membangun Sirkuit Jakabaring, Palembang. Tujuan utamanya, tentu menarik ajang balap MotoGP pada saat pembangunan rampung.

Namun, itu semua belum pasti dan masih dipresepsikan sebagai sebuah "kemungkinan".  Artinya, bukan berarti dengan selesai membuat sirkuit, maka event MotoGP otomatis akan langsung diselenggarakan.

Ini seperti yang dikatakan sendiri oleh Alex Noerdin Gubernur Sumatera Selatan. Saat ditanyakan, dirinya berucap kalau sampai saat ini belum ada kesepakatan atau MoU (memorandum of understanding) akan kepastian tersebut.

"Sudah ada pembicaraan, sementara untuk tanda tangan MoU menunggu sirkuit sudah selesai terlebih dahulu, kita kan step by step," ujar Alex di Sepang, Minggu (30/10/2016).

Alex melanjutkan, pihak Dorna sebagai pemegang lisensi ajang MotoGP,  ingin melihat keseriusan Indonesia khususnya Jakabaring, untuk menjadi tuan rumah. Kunjungan juga sudah dilakukan oleh pihak Dorna dan dari tim Herman Tilke sebagai pendesain sirkuit Jakabaring.

"Dorna kan ingin melihat serius atau tidak kita. Dorna sendiri sudah dua kali ke Jakabaring, Herman Tilke juga sudah. Kalau dia yang buat (Tilke) Dorna pasti setuju," ujar Alex.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.