Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Sengaja Melambat demi "Runner-up"

Kompas.com - 30/10/2016, 15:57 WIB

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Valentino Rossi harus puas finis sebagai runner-up dalam lanjutan kejuaraan MotoGP pada GP Malaysia, di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (30/10/2016). Sempat memimpin balapan dan berjibaku ketat dengan Andrea Iannone dari Tim Ducati, akhirnya The Doctor harus menahan nafsu juara.

Tetapi kemudian Rossi berhasil dilewati Andrea Dovisiozo ketika sisa tinggal lima lap lagi karena masalah pengereman. "Ketika (debit) air sudah berkurang, saya merasakan ada masalah di ban depan sebelah kanan. Untuk itu, saya harus mulai pelan dari seharusnya," kata Rossi usai balapan, dikutip dari tayangan MotoGP.com.

Baca: Dovizioso Juara di Aspal Basah GP Malaysia

Keputusan Rossi untuk memelankan laju motornya harus diambil, demi meraih 20 poin sebagai pengisi juara kedua. Pada balapan ini, Rossi menggunakan ban basah medium untuk depan dan belakang. Keputusan yang sama juga diambil Iannone dan Dovizioso.

Sedangkan Marc Marquez mengambil langkah risiko, menggunakan piringan cakram menggunakan bahan serat karbon, berbeda dengan baja seperti biasanya. Keputusan spekulasi ini membuat pemilik gelar Juara Dunia MotoGP 2016 ini terjatuh.

Baca: Klasemen Usai GP Sepang, Rossi Kokoh di Peringkat Dua

Meskipun, semangat baby alien tidak luntur, karena ia langsung mendirikan motornya dan kembali ke lintasan balap. Akhirnya, ia tetap berhasil menyelesaikan balap dengan posisi kesebelas dan menjaga tradisi selalu mencetak poin selama musim 2016 bergulir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber motogp.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com