"Anti Gaptek, Kenali Fitur Adaptive Cruise Control"

Kompas.com - 13/10/2016, 14:41 WIB
Fitur Adaptive Cruise Control (ACC). Honda Prospect MotorFitur Adaptive Cruise Control (ACC).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Fitur cruise control mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian pengemudi di Indonesia, namun teknologi pengembangannya, adaptive cruise control, tentu masih asing. Bukan tidak mungkin fitur itu bakal jadi opsi mainstream pada mobil-mobil mewah di Indonesia. Nah, biar tidak ketinggalan berikut penjelasannya menurut Road and Track.

Pada cruise control, pengemudi mengatur berapa kecepatan konstan maksimum yang diinginkan sedangkan pada adaptive cruise control ada hal lain yang diatur, yaitu jarak antar mobil pengemudi dengan kendaraan di depan,

Adaptive cruise control membuat mobil berjalan konstan seperti cruise control. Namun setelah menemukan kendaraan lain di depan, sistem menurunkan kecepatan hingga menguntit sesuai jarak yang ditentukan. Jika kendaraan di depan keluar jalur, maka kecepatan kembali ke batas awal.

Kerja adaptive cruise control mengandalkan radar –bisa juga ada tambahan laser- untuk mendeteksi kendaraan lain. Beberapa mobil menggunakan dua radar untuk menganalisa jarak pendek dan jauh sampai sekitar 180 m.

Radar selalu bekerja, memberikan input kepada sistem elektronik mobil untuk mengatur bukaan gas, transmisi, manajemen tenaga mesin,dan pengereman. Sistem memberikan peringatan jika radar menyadari potensi kecelakaan via cahaya dan klakson.

Fitur pada Honda Accord:

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X