Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Ditimpa Ribuan Tuntutan Hukum

Kompas.com - 22/09/2016, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Berlin, KompasOtomotif – Permasalahan yang menimpa Volkswagen pasca terpergok melakukan kecurangan emisi di Amerika, September 2015 tak kunjung usai. Setahun berlalu bukannya sedikit berkurang, malah bertambah.

Kali ini datang dari kampung halamannya sendiri, di mana VW Group dituntut ganti rugi oleh para investor sebesar 8,2 miliar euro atau Rp 120,3 triliun. Informasi ini disampaikan langsung oleh pihak pengadilan Jerman, di wilayah hukum di mana mobil itu diproduksi, dari Reuters, Rabu (21/9/2016).

Sampai saat ini, setidaknya 1.400 tuntutan hukum telah diajukan di pengadilan regional di Brunswick, dekat markas Volkswagen di Wolfsburg. Pihak pengadilan Brunswick mengatakan, dari angka itu, sebanyak 750 tuntutan hukum terkumpul hanya dalam waktu satu hari, pada hari Senin, 19/9/2016), di mana tepat satu tahun skandal VW terungkap.

Para investor yang menuntut tersebut marah, karena harga saham yang turun 35 persen dalam dua hari perdagangan, setelah pihak regulator AS mengungkap kecurangan yang dilakukan Volkswagen tahun lalu.

Banjir tuntutan hukum ini semakin menambah masalah, dan tampaknya VW masih jauh dari titik penyelesaian. Di Amerika, VW baru saja setuju untuk membayar 16,5 miliar dolar Amerika atau Rp 216,6 triliun, untuk menyelesaikan tuntutan oleh beberapa pihak berwenang Amerika dan pemilik mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com